Iklan

Bangkitkan Keterbukaan Informasi Di Pelosok Desa, Dinas Kominfo Mentawai Sosialisasi Pembentukan KIM di Tiga Desa

Rabu, 16 November 2022, November 16, 2022 WIB Last Updated 2022-11-16T06:42:03Z

Tim Kominfo gelar sosialisasi pembentukan KIM di Desa Matobe

Sasarainafm.com I Sipora
- Dinas Kominfo Mentawai melakukan sosialisasi kegiatan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di tiga desa, yaitu Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan, Desa Tuapejat dan Desa Bukit Pamewa Kecamatan Sipora Utara pada Selasa (15/11/2022).


Tujuan pembentukan KIM nantinya sebagai corong penyebarluasan informasi positif dari tingkat desa hingga Kabupaten bahkan ke luar daerah Kepulauan Mentawai.


Informasi yang disampaikan terkait potensi unggulan desa yang bisa dipromosikan dan dikemas dalam bahasa jurnalistik. Misalnya, informasi pariwisata, pertanian, perikanan, perekonomian, dan lainnya. Sehingga ke depan, masyarakat luar bisa mengetahui potensi yang ada di desa.


"KIM ini nantinya membantu kegiatan penyebarluasan informasi desa dan akan bekerja sama dengan pihak desa. Dinas Kominfo sendiri akan membantu untuk pembinaan,"ujar Marcolinus, Kepala bidang komunikasi Dinas Kominfo Mentawai.


Marco menambahkan, KIM sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi, memecahkan persoalan, bahkan meningkatkan produktivitas kelompok itu sendiri. Ke depan, tindak lanjut dari KIM, akan dimulai dari pembuatan website.

 

Oleh sebab itu, harapannya, masyarakat yang terpilih sebagai Kelompok Informasi Masyarakat, benar-benar yang memiliki komitmen, kemauan, dan kemampuan untuk dapat melanjutkan tugas penyebarluasan informasi secara berkesinambungan.

 

Foto bersama di Pantai Desa Matobe

Sementara itu, Kepala Desa Matobe, Wisman saat disambangi tim Kominfo menyampaikan terima kasih atas inisiasi pembentukan KIM di desanya.


"Kita bersedia mengikuti program ini dan akan mencari masyarakat yang memiliki potensi untuk KIM. Ke depan, kita juga siap berbagi informasi kepada desa tetangga dan menjadi percontohan,"pungkasnya.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Bangkitkan Keterbukaan Informasi Di Pelosok Desa, Dinas Kominfo Mentawai Sosialisasi Pembentukan KIM di Tiga Desa

Terkini

iklan2

Iklan