Iklan

Tim SAR Mentawai Evakuasi Satu Unit Long Boat Yang Alami Mati Mesin di Selat Bunga Laut

Sabtu, 22 Oktober 2022, Oktober 22, 2022 WIB Last Updated 2022-10-22T02:27:46Z

Tim SAR evakuasi Korban (Ist)

Sasarainafm.com I Tuapejat
– Tim SAR kelas B Mentawai melakukan evakuasi terhadap satu unit long boat yang berlayar dari Pulau Siberut tujuan Tuapejat Pulau Sipora, karena mengalami mati mesin dalam perjalanan pada Kamis sore (20/10/2022).


Boat tersebut diketahui mengangkut 17 orang penumpang diantaranya, 16 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Kepala Desa Cimpungan, Darman Saguruk menerangkan bahwa rombongan yang berasal dari desa Cimpungan Kecamatan Siberut Tengah tersebut berlayar dari Muara Siberut Selatan pada pukul 14.00 WIB menuju Tuapejat. Namun di tengah perjalanan satu unit mesin bot mengalami mati mesin. 


“Bot kita mati mesin, mengantisipasi satu mesin lainnya mati di tengah cuaca badai dan kebetulan ada sinyal, kita meminta pertolongan ke pihak BPBD dan SAR Mentawai,”tutur Darman di dermaga Tuapejat. 


Sementara itu, Kepala kantor SAR kelas B Mentawai, Akmal mengungkapkan bahwa kejadian sekira pukul 15.30 WIB dan pihaknya  menerima informasi dari BPBD pada pukul 15.50 WIB bahwa satu unit long boat mati mesin di Perairan selat Bunga Laut antara Pulau Siberut dengan Sipora. Selanjutnya, pada pukul 15.55 WIB tim SAR segera meluncur ke lokasi kejadian berjarak sekira 16 nautical mile atau estimasi perjalanan 80 menit.


“Satu unit mesin mereka masih hidup saat ditemukan pada pukul 17.15 WIB. Lalu, tim SAR melakukan interception menggunakan KN SAR Ramawijaya 240 dan RIB 03 Mentawai menuju dermaga Tuapejat,”tutur Akmal.


Pada pukul 17.50 WIB seluruh penumpang tiba di dermaga Tuapejat dalam keadaan selamat. Kondisi cuaca saat itu hujan ringan, kecepatan angin 2-12 knots, tinggi gelombang 1,25-2,5 Meter.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tim SAR Mentawai Evakuasi Satu Unit Long Boat Yang Alami Mati Mesin di Selat Bunga Laut

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan