Iklan

Satu Pasien Diduga Gagal Ginjal Akut Yang Meninggal Dunia Terdeteksi di Mentawai

Sabtu, 22 Oktober 2022, Oktober 22, 2022 WIB Last Updated 2022-10-22T16:01:00Z

Ilustrasi (ist)

Sasarainafm.com I Tuapejat
– Satu kasus diduga gagal ginjal akut atau Acute Kidney Injury (AKI) terdeteksi di RSUD Mentawai pada 16-17 september 2022 lalu. Pasien tersebut berusia lima tahun dua bulan saat meninggal dunia. 


Dokter spesialis anak RSUD Mentawai, Jimmy Yul Ambarita  mengungkapkan bahwa kasus diduga gagal ginjal akut  tersebut hingga saat ini belum ada kesimpulan yang pasti terkait penyebabnya.


“Hal tersebut sudah dilaporkan ke Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Sumbar karena kasusnya sedang naik sejak juli  sebagai bagian dari temuan kasus. Awalnya, anak tersebut sebelumnya sudah sakit sekira 8-10 hari dan dirawat di puskesmas Sikakap beberapa hari. Selanjutnya, pasien dirujuk dari Sikakap ke RSUD Mentawai tanggal 16 september 2022. Kemudian, satu hari dirujuk di RSUD Mentawai mengalami perburukan dan meninggal dunia,”ujar Jimmy di RSUD Mentawai, Sabtu (22/10/2022).


Gejalanya, kata Jimmy, saat dirujuk badan sudah lemas. Kemudian, temuan dari pasien tersebut, pada fungsi ginjal  ditemukan kadar ureum dan kreatin  yang sangat tinggi.


“Terkait penanganan pada pasien, karena saat itu positif covid-19 saat tes antigen, selain penanganan gagal ginjal juga dilakukan penanganan untuk covid-19,”imbuhnya.


Jimmy mengaku obat sirup yang tersedia di RSUD Mentawai tidak ada dalam lima list yang mengandung dietilen glikol.


Setelah edaran Kemenkes, pihaknya tidak lagi memberikan obat sirup jika tidak dibutuhkan dan  menggantinya ke obat-obatan tablet yang digiling.


“Anak-anak di bawah lima tahun fatalitas gagal ginjal akut tinggi. Kita mengimbau bagi orangtua jika menemukan anaknya mengeluh demam, mencret, batuk, dan pilek dalam rentang waktu dua minggu sebelum pipisnya berkurang, segera membawa ke dokter atau faskes terdekat,”pungkasnya. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Satu Pasien Diduga Gagal Ginjal Akut Yang Meninggal Dunia Terdeteksi di Mentawai

Terkini

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan