Iklan

Mengenal Balawista Kabupaten Kepulauan Mentawai

Kamis, 09 Desember 2021, Desember 09, 2021 WIB Last Updated 2021-12-09T08:25:30Z



SASARAINAFM.COM│TUAPEJAT -  Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah daerah Kepulauan di Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten yang berjuluk " Bumi Sikerei " ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari wilayah perairan. 


Wisata maupun olahraga air adalah salah satu dari sekian banyak alternative wisata maupun olahraga yang diminati banyak orang. 


Pantai Mapadegat di desa Mapadegat Kecamatan Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai  merupakan andalan wisata destinasi andalan Kabupaten Kepulauan Mentawai maupun  Sumatera Barat yang mempunyai wisata air bukan hanya pantai tetapi alamnya yang indah dengan adanya resort-resort bertaraf internasional memberikan nuansa dengan daerah wisata lainya. 


Para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik, menjadikan pantai Mapadegat sebagai tempat untuk bermain, berwisata, bersenda gurau, berdagang, olahraga di laut seperti surfing, diving, dan snorkling atau sekedar bersantai menikmati keindahan pemandangan yang ada.


Namun disamping itu kegiatan wisata tirta wisata bahari yang dilaksanakan pada kawasan perairan pantai Mapadegat kerap kali menimbulkan kecelakaan yang menimpa wisatawan, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai  melalui dinas pariwisata, pemuda dan olahraga daerah setempat membentuk  Balawista  atau  badan penyelamat wisata tirta  dan pada tahun lalu dan juga melatih para relawannya sehingga bersertifikat  kelas internasional Life Saving  atau ILS.


Parlin Siahaan, Ketua Balawista Mentawai mengatakan, para relawan balawista Mentawai yang telah mendapatkan sertifikat ILS pada Sabtu lalu juga telah melakukan pelatihan Simulasi penyelamatan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas para relawan


Parlin menyebutkan selain untuk meningkatkan kapasitas para Balawista dalam menjaga keamanan, keselamatan, dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung di Kepulauan Mentawai, pada acara simulasi juga digelar ajang silaturahmi dengan  para Balawista seraya memperingati  anniversary satu tahun, relawan Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Kepulauan Mentawai khususnya posko Mapaddegat.


Biasanya, kata Parlin, para relawan Balawista standby di sekitar Pantai setiap weekend  yakni pada hari Sabtu dan Minggu.


Tahun depan, nenurut Parli rencananya, akan didirikan posko dan sekretariat Balawista di pantai Mapaddegat yang diketahui memiliki 19 Balawista dan empat titik pengawasan pantai.


Saat ini, beberapa Kecamatan yang memiliki Balawista diantaranya, di Kecamatan Sipora Utara, Sipora Selatan, Siberut Barat Daya, Siberut Selatan, Pagai Utara, dan Pagai Selatan.

  

Dalam pengamanan kegiatan wisata bahari sangat ditentukan oleh keandalan petugas penyelamat pantai dan pemerintah perlu merekrut petugas penyelamat pantai yang andal sehingga lebih sigap mengantisipasi kecelakaan wisatawan di pantai.


Meskipun Kabupaten Kepulauan Mentawai memiliki kawasan wisata bahari yang sangat luas, Namun kepedulian pemerintah daerah setempat kepada  balawista harus ditingkatkan dan dapat mencapai standar nasional.


Kepedulian dari Pemerintah Mentawai untuk balawista itu diantaranya , kedepan di lokasi pantai mapadegat setidaknya dibangun  kolam renang berstandar nasional  yang biasa digunakan untuk latihan ataupun kejuaraan, kemudian tersedianya  fasilitas kebugaran sebagai fasilitas pendukung kebugaran bagi petugas Balawista, serta  peralatan yang mendukung kegiatan penyelamatan, dan adanya rumah sakit terdekat  sebagai pendukung untuk menangani setiap kecelakaan berat ataupun kecil.


Perlu adanya sebuah perencanaan dan perancangan sebuah bangunan sebagai markas sekaligus pusat pelatihan balawista yang berskala nasional dan memiliki standar internasional. 


Pusat balawista tersebut memiliki fasilitas yang memadai dan memenuhi kebutuhan ruang yang diperlukan.


Selain itu markas dan pusat pelatihan ini dapat menjadi tempat yang mampu menunjang pengembangan potensi yang ada pada balawista pantai Mapadegat saat ini maupun dimasa mendatang.(dio)


Simak Video 

Mengenal Balawista Kabupaten Kepulauan Mentawai 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mengenal Balawista Kabupaten Kepulauan Mentawai

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan