bannerwebsasarainaedit

Iklan

Talkshow Tato Mentawai Digelar di Mapaddegat Saat Rapimpurda ke XV DPD KNPI Se Sumatera Barat

Senin, 30 Agustus 2021, Agustus 30, 2021 WIB Last Updated 2021-08-30T07:38:15Z

foto bersama : Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet (Batik Merah Motif Mentawai) foto bersama peserta pertunjukkan tato mentawai

SASARAINAFM.COM │TUAPEJAT - KNPI Kabupaten Kepulauan Mentawai menyuguhkan pemandangan warisan budaya Mentawai berupa talkshow tato yang digadang-gadang tertua di dunia  kepada tamu DPD KNPI kabupaten/kota se Sumatera barat di kawasan pantai Mapaddegat, kamis (26/8/2021).


Pengenalan tato dilakukan dalam rangkaian kegiatan Rapimpurda ke XV  DPD KNPI Sumatera barat sebagai upaya promosi warisan budaya Bumi Sikerei yang digelar sejak rabu (25/8) hingga jumat(27/8).


Proses menato dilakukan oleh Joel Sikatsilak, salah satu seniman budaya asal Pulau Siberut Mentawai yang juga mewarisi keahlian menato dari leluhurnya dan telah mengharumkan nama Bumi Sikerei pada ajang-ajang bergengsi tingkat provinsi hingga nasional dalam pameran seni budaya bersama rekannya.


Atraksi tato diikuti dengan penuh antusias oleh pemuda KNPI lainnya dan diiringi dengan musik instrumen khas Mentawai beserta pengenalan terkait bahan dan alat yang digunakan, beserta makna dan unsur budaya lainnya dalam hal menato.


Selain menikmati atraksi tato, para peserta juga diberikan kesempatan menikmati indahnya suasana pantai Mapaddegat di sekitarnya saat sunset.


Pada akhir kegiatan pengenalan tato, Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet menyampaikan terimakasihnya atas kunjungan dan perhatian para laskar KNPI di Mentawai. Ia berharap ke depan akan berjumpa kembali di lain kesempatan.


"Silakan bawa keluarga ke Mentawai. Di sini udaranya sejuk dan kasus Covid relatif rendah dan masih tergolong aman. Mohon maaf juga jika ada kekurangan dan kesalahan dalam pelayanan,"ujar Yudas.


Saat bersamaan, Fadly Amran, Walikota Padang Panjang selaku ketua DPD KNPI Sumbar juga turut menyampaikan trimakasih atas jamuannya dan memohon maaf jika ada kesalahan dari tim KNPI selama kegiatan bergulir.


Turut hadir Wakil Bupati Kepulauan Mentawai, Anggota DPRD Mentawai, dan Kadisparpora Mentawai dalam kegiatan tersebut.(KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Talkshow Tato Mentawai Digelar di Mapaddegat Saat Rapimpurda ke XV DPD KNPI Se Sumatera Barat

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan