Iklan

Uji Coba Tahunan Penyampaian Informasi Kebencanaan melalui SMS Blast Tahun 2020

Sabtu, 12 Desember 2020, Desember 12, 2020 WIB Last Updated 2020-12-12T09:50:09Z

Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ahmad Ramli

SASARAINAFM.COM │JAKARTA -
 Direktorat Pengembangan Pitalebar, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika  Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama mitra kerja telah melakukan Uji Coba Tahunan Penyampaian Informasi Kebencanaan Tahun 2020. 

Dirjen PPI Kementerian Kominfo Ahmad Ramli menyatakan uji coba tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo) Nomor 2 Tahun 2016 tentang Penyampaian Informasi Kebencanaan Melalui Jaringan Bergerak Seluler.  Dalam Pasal 13 Ayat (2) disebutkan bahwa uji coba penyampaian informasi kebencanaan dilaksanakan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun untuk setiap tahun berikutnya.

"Kominfo telah membangun Sistem Penyampaian Informasi Bencana sejak Tahun 2016 dan telah bekerjasama dengan penyedia informasi bencana antara lain BMKG (Gempa Bumi & Tsunami), KLHK (Kebakaran Hutan & Lahan), BPBD DKI Jakarta (Banjir di DKI Jakarta) dan BNPB (Bencana Nasional), dan telah terhubung dengan Sistem SMS Operator Seluler (Telkomsel, Indosat, XL dan Huchison 3)," tuturnya dalam acara Uji Coba dan Evaluasi Sistem Penyebaran Informasi Kebencanaan, dari Jakarta, Jum'at (11/12/2020).

Menurut Dirjen Ahmad Ramli uji coba yang berlangsung di Sheraton Hotel Bandung & Tower itu juga mencakup uji coba di wilayah Kelurahan Dago, Bandung dengan radius ±2 Km.  

"SMS adalah salah satu metode penyampaian informasi bencana yang efektif dan sangat bermanfaat sebagai mitigasi sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak korban jiwa dan harta benda,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Dirjen PPI Kementerian Kominfo mengucapkan terima kasih kepada operator seluler yang telah berpartisipasi dalam menyampaikan informasi bencana kepada masyarakat terdampak bencana melalui SMS.

Kembangkan PIB Penyiaran

Plt. Direktur Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Marvels Situmorang menjelaskan, dalam uji coba, teks SMS Uji Coba yang bisa diterima oleh masyarakat melalui layanan seluler berbunyi: “Pesan ini adalah UJI COBA Diseminasi Informasi Bencana melalui SMS di sebagian wilayah Kota Bandung. Kementerian Kominfo - BNPB - Operator Telekomunikasi”.

"Hasil Rekapitulasi Penyampaian Informasi Kebencanaan melalui SMS yang dikirimkan oleh Operator Seluler selama 30 menit dilaporkan antara lain Telkomsel = 13.239 SMS, Indosat = 5.203 SMS, XL = 2.927 SMS, dan Hutchison 3 = 8665 SMS,” tuturnya.

Menurut Plt. Direktur Marvels Situmorang, perwakilan dari BMKG, KLHK, BNPB, BPBD DKI Jakarta telah menyampaikan bahwa Penyampaian Informasi Bencana melalui SMS sangatlah efektif, tepat dan perlu dilanjutkan. 

"Operator Seluler (Telkomsel, Indosat, XL dan Huchison 3) menyatakan akan selalu mendukung Pemerintah terutama dalam penyampaian informasi menyangkut bencana & kedaruratan sesuai amanat UU 36/1999 tentang Telekomunikasi," ujarnya.

Plt. Direktur Pengembangan Pitalebar menyatakan Kementerian Kominfo juga menjajaki pengembangan  media lain untuk penyampaian informasi bencana, salah satunya melalui media penyiaran. 

"Di akhir Tahun 2020 ini Kemkominfo telah bekerjasama dengan TVRI. Dan untuk Tahun 2021 direncanakan akan bekerjasama dengan Lembaga TV Swasta. Selain itu juga akan menambah kerjasama dengan penyedia informasi bencana yaitu PVMBG untuk bencana gempa vulkanik dan erupsi gunung berapi," jelasnya.

Kegiatan Uji Coba dan Evaluasi Sistem Penyebaran Informasi Kebencanaan dihadiri perwakilan operator seluler Telkomsel, Indosat, XL Axiata/Axis Telekom dan Hutchison 3 Indonesia. Juga hadir Penyedia Informasi Bencana (BMKG, KLHK, BNPB, BPBD DKI Jakarta dan PVMBG), serta Balai Monitoring Frekuensi Bandung.

Dalam kegiatan uji coba tersebut juga dilakukan Penyerahan Sertifikat Penghargaan kepada operator seluler yang telah berpartisipasi membantu Penyampaian Informasi Kebencanaan kepada masyarakat terdampak bencana melalui media SMS. (dio)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Uji Coba Tahunan Penyampaian Informasi Kebencanaan melalui SMS Blast Tahun 2020

Terkini

iklan2

Iklan