Iklan

Tips & Tutorial : Membuat Radio Streaming Sendiri

Minggu, 29 November 2020, November 29, 2020 WIB Last Updated 2020-11-29T06:19:42Z

Ilustrasi ( foto : internet )

SASARAINAFM.COM I IPTEK -
Kali ini saya akan memberikan tips & tutorial bagaimana membuat sebuah radio streaming sendiri. Ini sekaligus menjawab pertanyaan dari beberapa teman disebuah radio komunitas yang sudah menanyakan bagaimana membuat radio streaming seperti radiobbk ini.


To the point saja, namun sebelum masuk ke tahap membuat radio streaming hal utama yang harus diperhatikan adalah koneksi internet kita harus stabil dan untuk melakukan streaming baik Facebook, instagram, youtube, dll. Koneksi yang digunakan itu adalah uploadnya (Upstream) harus besar karena ada beberapa provider menyediakan paket internet download besar namun uploadnya kecil seperti yang saya gunakan sekarang indiehome 10Mbps (download 10mpbs / upload 1 mbps) itu jg tidak sampe 1 mbps untuk uploadnya. Untuk mengetahui speed koneksi sobat bisa dicek menggunakan speedtest : http://speedtest.att.com/speedtest/


Hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk membuat radio streaming : 
1. Menginstall aplikasi / software untuk radio streaming (radioboss) 
2. Menyiapkan server untuk radio streaming kita (Free) 
3. menyiapkan koneksi internet yang stabil (Upload) 

1. Menginstall aplikasi / software untuk radio streaming (radioboss)
Kita masuk ke langkah pertama yaitu menginstall aplikasi / software radio streaming. Banyak aplikasi yang bisa digunakan sebenarnya untuk radio streaming yang populer seperti Sambroadcaster, winamp, mixx, virtual DJ, dll. Tetapi saya tidak menyarankan penggunaan aplikasi hasil crack jika memungkinkan beli aplikasi / software original kenapa, karena software hasil crack sebagian besar sering crash / hang. Saya merekomendasikan software radioboss untuk radio streaming selain stabil serta penggunaannya juga cukup mudah. Silahkan didownload didalamnya sudah saya sertakan cara untuk menjadikan full version.

Setelah terinstall tampilan awalnya seperti screenshoot dibawah ini :


Sebelum masuk ke settingan lain kita buat dulu database untuk lagu-lagu yang akan kita masukkan didalam radiboss jadi kita tidak perlu repot mengimpor musik dari explore tinggal ketik di search aplikasi radioboss.







Langkah selanjutnya kita menuju ke Settingan >> playback, ini untuk settingan output jika kita ingin mendengarkan langsung dari perangkat kita, masing-masing berbeda silahkan pilih output perangkat sobat speaker ataupun headset.



Setting Input untuk mic, sesuaikan dengan mic yang sobat gunakan jika menggunakan mic maka akan terdeteksi driver mic-nya atau mengunakan headphone yang ada microphone.



Tahap selanjutnya nanti kita akan setting dibagian Broadcast ini setelah kita mendapatkan settingan encoder dari server radio kita agar terkonek dan kita bisa melakukan onair.


Nah sampai disini kita telah selesai menyiapkan aplikasi untuk radio streaming kita selanjutnya adalah menyiapkan server radio.

2. Menyiapkan server untuk radio streaming kita (Free)

Ada beberapa server yang bisa digunakan untuk radio streaming secara gratisan namun yang selama ini saya pakai, saya menggunakan caster.fm


Silahkan buka dibrowser sobat www.caster.fm  kemudian registrasi, isi semua kolom setelah selesai klik sign up,  buka email sobat kemudian buka email dari caster.fm didalamnya ada link konfirmasi klik dan setelah itu silahkan sobat login.


Untuk pertama kali login sobat diwajibkan untuk melakukan settingan, ini laman settingan isi info tentang radio sobat dan di laman ini juga bisa sobat lihat settingan theme untuk web radio sobat yang diberikan free dari caster.fm





Setelah selesai settingan kita mempersiapkan server, masuk ke menu server lalu klik Start server . Disini kita mendapakan settingan encoder radio kita. Sampai disini kita telah selesai menyiapkan server radio, selanjutnya menghubungkan aplikasi radioboss ke server caster.fm


 

3.  Melakukan encoder

Buka kembali apliaksi radioboss masuk ke Settingan >> broadcast, klik tanda + (add), Configuration Wizard, lalu Icecast 1&2 kemudian Next, masukkan settingan encoder caster.fm.



Perlu diperhatikan juga jika koneksi kita cukup besar bitrate kita setting 128 kbps, namun jika ternyata streaming kita terputus-putus bisa kita turunkan menjadi 64 kbps agar lancar streamingnya.


Lalu contreng pada kotak kecil encoder kita tadi dan contreng juga Broadcasting enabled, dan radio kita telah siap untuk onair bisa dilihat status broadcast di caster.fm telah aktif.



Untuk mendengarkannya telah saya jelaskan tadi ketika kita registrasi otomatis kita mendapatkan web radio kita silahkan dibuka seperti contoh web radioBBK linknya : http://radiobb.Caster.fm/ atau bisa sobat sematkan embeded radio diblog maupun web sobat karena saya punya blog sendiri lebih afdol meletakkannya diblog ini.

Adapun perlu diperhatikan untuk versi free ini sobat harus login dalam waktu 2 bulan dari waktu login terakhir sobat, maksudnya sobat harus login caster.fm jika lebih dari 2 bulan tidak login maka otomatis akun sobat akan dihapus secara permanen. Untuk current listener, maksimal sekali dalam satu waktu yang mendengarkan maksimal 400 listener tetapi bukan total keseluruhan pendengarnya ya.

Sekian bagaimana cara membuat radio streaming sendiri seperti radioBBK, jika memungkinkan sobat bisa mengembangkan radio sobat dengan membeli hosting server namun dengan banyak pertimbangan yang terpenting menjalankan radio yang ada terlebih dahulu. Jika masih bingung silahkan tinggalkan komen nanti bisa kita bahas bersama-sama dan untuk lebih jelasnya sudah saya buatkan video tahap - tahap membuat radio streaming dibawah ini.



Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Tips & Tutorial : Membuat Radio Streaming Sendiri

Terkini

Topik Populer

iklan2

bikin-website-iklan

Iklan