Satbinmas Polres Mentawai dan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Gelar Sosialisasi di Sipora Selatan - SasarainaFM

Breaking

radio

Senin, 12 Oktober 2020

Satbinmas Polres Mentawai dan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Gelar Sosialisasi di Sipora Selatan

 

Polres Mentawai Sosialisasikan Pokdar Kamtibmas
di Sipora Selatan

Sasarainafm.com - Satuan Pembinaan masyarakat (Satbinmas) Polres Kepulauan Mentawai menggelar sosialisasi terkait eksistensi Kelompok Sadar Keamanan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) di Desa Saureinu bersama warga setempat dan perangkat desa / dusun setempat, sabtu (10/10/2020).

Kasatbinmas Polres Mentawai menuturkan bahwa fungsi dari 

Pokdar Kamtibmas adalah sebagai pemecah masalah (problem solving) atau tempat mediasi persoalan kamtibmas kategori ringan di tengah masyarakat, pelayan, pelindung, dan pengayom masyarakat.

"Pokdar Kamtibmas ini termasuk

kelompok sukarelawan yang mengabdi tanpa batas ruang dan waktu di tengah-tengah masyarakat semata-mata untuk menciptakan suasana aman, nyaman, dan kondusif.

Jadi, tidak semua masalah bermuara ke ranah hukum. Kecuali, tindak pidana murni tidak diintervensi," ujar Iptu Mulyadi di aula Desa Saureinu, sabtu (10/10/2020).

Lebih lanjut ia meminta kepada perangkat desa dan warga yang hadir agar segera membentuk atau memilih pengurus Pokdar tingkat desa yang peduli terhadap Kamtibmas setempat.

"Kami mendukung (mensupport) Kepala Desa memilih pengurus Pokdar dari semua elemen seperti PNS, pengusaha, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat, dan lainnya, kecuali dari unsur TNI Polri," paparnya.

Saat bersamaan, Sekretaris Pokdar Kamtibmas Kabupaten Kepulaun Mentawai Andre Satoko menyampaikan bahwa targetnya akan dibentuk Pokdar Kamtibmas di tingkat Kecamatan Sipora Selatan dan Sipora Utara, selain di tingkat desa. 

Jika Pokdar Kamtibmas tingkat desa tidak dapat menyelesaikan persoalan di wilayahnya, dapat bersinergi dan berkomunikasi dengan Pokdar Kamtibmas tingkat Kecamatan maupun tingkat Kabupaten.

"Harapan kita keberadaan Pokdar Kamtibmas dapatl menghindarkan dan menjaga kita dari kejadian merugikan masyarakat dan mencemarkan nama baik masyarakat itu sendiri," tutur Andre.

Untuk pembentukan di Pulau Siberut dan Pagai akan dilanjutkan setelah di Pulau Sipora tuntas.

Selanjutnya, tim Satbinmas Polres Mentawai dan Pokdar Kamtibmas Kabupaten Kepulauan Mentawai berkoordinasi ke Polsek Sipora dan 

diharapkan agar segera memilih anggota Pokdar Kamtibmas tingkat Kecamatan Sipora selatan.

(KS)