Iklan

Pemkab Mentawai Targetkan, Agustus PLTBm Siberut Beroperasi Kembali.

Kamis, 16 Juli 2020, Juli 16, 2020 WIB Last Updated 2020-07-16T04:15:34Z
PLTBm di desa Saliguma Siberut
SASARAINAFM.COM | TUAPEJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai Targetkan di bulan Agustus 2020 Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa bambu (PLTBm) dapat dioperasikan  kembali.

Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan tiga  Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa bambu (PLTBm) yang berada di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai memang sempat berhenti beroperasi  terhitung 1 Juni 2020 , karena persoalan belum cairnya  dana operasional.

Dioperasikannya kembali PLTBm itu, kata Yudas juga untuk memenuhi aspirasi  masyarakt Siberut yang disampaikan ke Komisi III DPRD  dan dengan pertemuan    di aula sekretariat daerah dengan menghadirkan pihak terkait, yakni pemerintah daerah, koperidag, perusda, Bapenas, guna mendapatkan jawaban pasti dari pemerintah setempat.

 "Pemerintah bersama Anggota DPRD Mentawai, sangat  mendukung hal ini,  di Komisi III DPRD bersama OPD terkait sudah membahas berbagai perdebatan akhinya diputuskan, berbagai tudingan anggaran dikorupsi itu tidak benar, anggarannya saja belum cair, kata Yudas, di Tuapeijat, Rabu (15/7-2020)

Lebih lanjut Yudas  mengatakan, Pemerintah akan menindak lanjuti PLTBm  ini bersama OPD terkait, Perusda dan pihak terkait, baik sisi perda dan anggarannya, paling lama bulan Agustus ini Tenaga Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa di daerah Siberut hidup kembali.

PLTBm di Kabupaten Kepulauan Mentawai  terletak di tiga lokasi yaitu Desa Saliguma di Siberut Tengah dan Desa Madobag serta Matotonan di Siberut Selatan.

Ketiga pembangkit sudah beroperasi sejak Maret 2018 lalu. Saat ini sebagian pembangkit atau plant biomassa masih menggunakan bahan bakar minyak ataupun bahan bakar kayu.

Untuk plant Desa Saliguma, kapasitasnya 250 Kilo Watt (KW), Desa Madobag 303 KW, dan Matotonan 350 KW. (SS)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pemkab Mentawai Targetkan, Agustus PLTBm Siberut Beroperasi Kembali.

Terkini

iklan2

Iklan