Wagub Sumbar Datangi Mentawai Lihat Langsung Kesiapan New Normal - SasarainaFM

Breaking

radio

Rabu, 03 Juni 2020

Wagub Sumbar Datangi Mentawai Lihat Langsung Kesiapan New Normal

Wagub Sumbar Nasrul Abit Kunjungi Mentawai

SASARAINAFK.COM |TUAPEIJAT- Beberapa hari menjelang penerapan tatanan kehidupan baru atau new normal akibat pandemi Covid-19, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit menyambangi masyarakat di Kepulauan Mentawai.

Tujuan kedatangan tokoh nomor dua di Sumatera Barat ini dalam rangka meninjau kesiapan penanganan Covid-19, persiapan new normal, dan kesiapan pihak sekolah maupun tenaga medis dalam implementasi era normal baru yang tinggal dalam hitungan hari.

Nasrul Abit beserta Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Muklis Yusuf Abit dan rombongan Forkopimda Mentawai berkunjung ke lokasi strategis di kecamatan Sipora Utara diantaranya lokasi karantina di pantai Mapaddegat, SMAN2 Sipora, dan RSUD Mentawai.

"Dalam diskusi dengan pihak Sekolah masih ada beberapa kekurangan dalam penerapan pembelajaran secara online,  tidak semua siswa memiliki handphone android, tidak  ada sinyal sehingga pembelajaran secara online tidak bisa dilakukan. Kemudian kekurangan tenaga guru karena kebanyakan pindah," tutur Nasrul Abit, Selasa (2/6/2020).

Ia menjelaskan bahwa penyebab tenaga pendidik pindah dari Mentawai dikarenakan sesudah peralihan kewenangan ke Provinsi, mereka tidak lagi mendapatkan tunjangan daerah atau tunjangan lainnya yang dapat memotivasi kinerjanya.

Ia menyebutkan bahwa persoalan tersebut akan dicoba dikonsultasikan dengan Gubernur Sumbar dan Dinas terkait.

Selain itu, pihak SMAN2 Sipora juga memohon bantuan agar sekolah tersebut mendapat bantuan renovasi atau rehab sekolah.

Selanjutnya, terkait kedatangan para guru menuju Mentawai, disebutkan terkendala oleh rangkaian aturan yang mengharuskan melampirkan hasil rapid test dengan biaya pribadi.

Menanggapi hal tersebut Nasrul Abit mengatakan akan mencari solusi agar para guru tersebut bisa kembali melaksanakan tugasnya mengabdi sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa di Bumi Sikerei.

"Persoalan yang ada kita akan mencoba cari solusi sesuai  kearifan lokal. Kita juga akan mendorong Dinas di Provinsi Sumbar agar tahun depan programnya membantu Kepulauan Mentawai agar bisa keluar dari status 3T nya,"ujarnya.

Kemudian, ia juga sempat menyambangi pasien sembuh ke 4 dan 5 Covid-19 di RSUD Mentawai.

Nasrul Abit menekankan agar setiap lapisan masyarakat selalu mawas diri dan terus menerapkan protokol kesehatan pada era normal baru.(KS)