Jelang HUT Kodam I Bukit Barisan Ke 70, Kodim 0319 Mentawai Rehab Satu Unit Rumah Warga - SasarainaFM

Breaking

radio

Rabu, 03 Juni 2020

Jelang HUT Kodam I Bukit Barisan Ke 70, Kodim 0319 Mentawai Rehab Satu Unit Rumah Warga

Kodim 0319 Mentawai lakukan Rehab Rumah Warga Sipora Jaya
SASARAINAFM.COM |TUAPEIJAT - Kodim 0319 Mentawai melakukan Rehab RTLH atau rumah tidak layak huni salah seorang warga di Dusun Karang Anyer Desa Sipora Jaya (SP1) Kecamatan Sipora Utara.

Komandan Kodim (Dandim) 0319 Mentawai Letkol Czi Bagus Mardyanto menyebutkan kegiatan bakti sosial tersebut digelar dalam rangka peringatan hari ulang tahun Kodam I / Bukit Barisan ke 70 pada 20/6/2020 mendatang.

"Sasarannya sebenarnya rumah Purnawirawan atau mantan prajurit yang sudah tidak layak huni. Namun setelah dicek di daerah Mentawai, khususnya Sipora tidak ada. Jadi kami alihkan untuk rehab RTLH warga Mentawai," tutur Letkol Czi Bagus Mardyanto, Selasa (2/6/2020).

Kegiatan tersebut dimulai bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila 1/6/2020 lalu sesuai tema "Pancasila dalam tindakan, melalui gotong royong menuju Indonesia maju".
Proses pengerjaannya diawali dengan pembongkaran rumah terlebih dahulu dan melibatkan 10 personil TNI Kodim 0319 Mentawai bergotong royong dengan masyarakat.

Rumah yang direhab ditinggali oleh Nuriah seorang janda berusia 59 tahun  bersama anak, cucu, dan ibunya.

Adapun ukuran rumah yang direhab seluas 6x6 meter, 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 kamar mandi terpisah, 1 ruang dapur dengan lantai keramik.

Letkol Czi Bagus Mardyanto menyebutkan bahwa sebagian bahan material didatangkan dari kota Padang dan sebagian lagi menggunakan bahan lokal seperti kayu dengan konsep semi permanen.

"Kita hanya merehab satu RTLH sesuai kemampuan kita. Harapannya sebelum 20/6/2020 sudah rampung,"tuturnya.

Ia juga berterima kasih kepada masyarakat yang sudah bersedia bergotong royong  membedah rumah bersama anggota Kodim.

Dalam pengerjaannya, Dandim Mentawai ini juga berpesan agar personil dan warga tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 saat pelaksanaan bedah rumah dengan memakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak.
(KS)