Menuju New Normal, Mentawai Perpanjang PSBB Selama 9 Hari - SasarainaFM

Breaking

radio

Kamis, 28 Mei 2020

Menuju New Normal, Mentawai Perpanjang PSBB Selama 9 Hari

Jubir Covid 19 Mentawai Serieli BW saat berikan keterangan pers
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai akan memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) guna mempersiapkan penerapan New Normal.

Sesuai surat Gugus Tugas Nasional Nomor : 5 Tahun 2020, atas perubahan Surat Nomor : 4 Thun 2020 tentang pembatasan orang, kemudian akan diperpanjang hingga  7 Juni 2020, masa PSBB berakhir pada Jumat (29/5-2020).

Kepala Bagian (Kabag) Hukum pada Sekretariat Daerah Mentawai, sekaligus juru bicara Gugus Tugas penanganan Coronavirus 2019 (Covid-19) Mentawai, Serieli BW, mengatakan bahwa selama pemberlakuan PSBB tahap tiga, dituntut Pemerintah Daerah untuk mempersiapkan segala sesuatu aturan menuju pemberlakuan New Normal.

"New Normal tetap akan penindakan dan pengawasan yang ditugaskan oleh pihak terkait, Kepolisian, TNI dan Satpol PP untuk mengawasi tempat-tempat keramaian, jika ada yang melanggar nanti ada tindakan disiplin saja, karena tidak boleh melakukan kekerasan, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kapolda Sumatera Barat melalui Vidcon," Katanya.

Selain itu sesuai dengan surat Kementerian Dalam Negeri Nomor : 440/830- tahun 2020 yang menyangkut tatanan New Normal baru.

"Aktivitas tetap berjalan seperti biasa namun ada tatanan baru, misalnya harus menggunakan masker, jaga jarak, dan sebagainya. Selama ini kita kan masih memberlakukan pembatasan objek wisata, nah nanti setelah tanggal 7 Juni  akan kita pikirkan seperti apa pemberlakuan untuk objek wisata, meskipun pemberlakuan New Normal namun ada aturan yang nanti diberlakukan," Ungkap Serieli BW.

Ia menyebutkan, untuk rumah Ibadah, Gereja dan Masjid nantinya akan ada perubahan, atau kelonggaran dalam pelaksanaan ibadah, namun nantinya akan diikuti oleh protokol kesehatan, maka dalam 9 hari kedepannya jelas Serieli BW, akan dipersiapkan itu semua. Termasuk kegiatan belajar mengajar sekolah dimana akan dilakukan klaster, dimana waktu pengkajiannya selama 9 hari mendatang, "terkait himbauan tahun ajaran baru, sudah harus aktif belajar mengajar di sekolah masing-masing," Jelasnya.

Tak hanya itu pergerakan kapal juga akan dilonggarkan baik kapal antar pulau maupun Padang - Mentawai, namun juga akan mengikuti protokol kesehatan seperti jumlah penumpang tetap dibatasi seperti pemberlakukan aturan sebelumnya 50 persen dari jumlah biasanya. "Dimana selama ini yang dibatasi selama PSBB akan dilonggarkan, namun tidak semua, kita akan lihat dimana dulu aturan-aturan yang sudah selesai itu, tentunya yang aman dan bebas dari covid-19,". Katanya. (Str)