Satu Lagi, Seorang Warga Mentawai Dinyatakan Positif Terpapar Virus Covid-19 - SasarainaFM

Breaking

radio

Jumat, 24 April 2020

Satu Lagi, Seorang Warga Mentawai Dinyatakan Positif Terpapar Virus Covid-19

Ilustrasi ruang isolasi pasien virus covid 19 (foto:internet)
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT- Seorang mahasiswi (19) asal Dusun Sagitci, Desa Nemnem Leleu Kecamatan Sipora Selatan dinyatakan Positif terpapar Covid-19 berdasarkan hasil tes swab tim laboratorium Fakultas kedokteran UNAND di kota  Padang.

Pasien tersebut merupakan yang kedua dinyatakan Positif di Mentawai.

Diketahui riwayat pasien positif Covid-19 kedua di Mentawai ini (793i) terinfeksi karena adanya kontak dengan pasien  positif terinfeksi pertama dari dusun Pogari desa Goiso' Oinan Kecamatan Sipora utara beberapa waktu lalu.

Lahmuddin Siregar, Jubir gugus tugas Covid-19 Bagian Kesehatan Mentawai mengungkapkan bahwa pasien positif kedua ini tiba pada Minggu (29/3/2020) melalui kapal perintis.

Kemudian, pada Kamis (16/4/2020) dilakukan rapid test di Puskesmas dan hasilnya positif. Selanjutnya korban berinisiatif melakukan rapid test di RSUD Mentawai Sabtu (18/4/2020) dan hasilnya juga positif.

"Saat ini pasien positif kedua sudah di rawat dan diisolasi di RSUD Mentawai.
Pihal Puskesmas bersama tim desa juga sudah berkomunikasi dan melacak warga yang melakukan kontak erat dan sudah diverifikasi diantaranya 9 mahasiswa lainnya dan orangtua angkat pasien kedua," ujar Lahmuddin Jumat(24/4/2020) saat konferensi pers di ruang rapat kantor Bupati di Tuapejat.

Lebih lanjut ia menerangkan bahwa kedua pasien positif di Mentawai ini merupakan rombongan dari 11 mahasiswa yang datang. 9 diantaranya kategori orang tanpa gejala (OTG).

Data terakhir pelaku perjalanan dari wilayah terjangkit (PPT) di bawah 14 hari 108 orang, Orang dalam pemantauan (ODP) di bawah 14 hari 2 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 2 orang.

Sementara pasien I yang positif kemudian dinyatakan negatif, masih akan dilakukan tes swab kedua kalinya untuk dinyatakan negatif. (KS)