Iklan

15 Kepala Puskesmas Di Mentawai Tanda-tangani MoU Komitmen Kerja Tahun 2020

Senin, 27 Januari 2020, Januari 27, 2020 WIB Last Updated 2020-01-27T09:16:56Z
Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet 
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT – Sebanyak 15 Kepala Puskesmas di Kepulauan Mentawai menandatangani MoU sebagai komitmen menjalankan tugas selama satu tahun ke depan, Jumat (24/01) di Kawasan Home Stay Mapaddegat.

Perjanjian kerja tersebut dilakukan setelah dua hari mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pelayanan Kesehatan, di Aula DPMPTSP Kabupaten Kepulauan Mentawai, yang berlokasi di jalan raya Tuapeijat Km 5, Kec. Sipora Utara.

Setelah menandatangani perjanjian kerja tersebut, Dinas Kesehatan setempat memberikan sejumlah penghargaan kepada puskesmas yang berhasil menekan angka kematian bayi dan angka kematian ibu melahirkan hingga nol orang sepanjang tahun 2019, selain itu, juga memberikan penghargaan kepada puskesmas lainnya atas prestasi yang dicapai.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyebutkan bahwa prestasi yang diperoleh merupakan hasil dari kreatifitas dalam menjalankan program kesehatan, untuk itu kata Yudas kreatifitas di puskesmas perlu ditingkatkan, kemudian mampu mengenali kondisi kesehatan wilayah masing-masing berdasarkan budayanya.

“ Yang pertama saya mau katakan peng hargaan ini adalah hasil dari kreatifitas, jadi teruslah berkreatif, kadangkan bisa jadi tahun lalu kreatif, kemudian tahun ini tidak, tahun depan lagi kreatif, jadi kondisinya seperti itu, tingkatkan lah kreatifitas jangan setelah mendapakan penghargaan menjadi kecut, tidak semangat lagi dan sebagainya,” papar Yudas.

Selanjutnya Ia juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada insan kesehatan di wilayah puskesmas salah satunya merubah paradigma atau cara pandang yang mana selama ini Puskesmas sering dianggap sebagai ‘Rumah Sakit’ yang kesannya hanya menunggu pasien yang datang berobat saja, pemahaman tersebut harus diubah.

“Memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kesehatan, kemudian mengunjugi pasien ke rumah-rumah, jika pasien tidak bisa datang ke rumah sakit, itu yang harus dilakukan petugas kesehatan ditingkat puskesmas, itu bedanya dengan pelayanan di Rumah Sakit,” timpalnya.

Ia berharap dengan dilakukannya penandatanganan kesepakatan kerja tersebut pelayanan kesehatan di Kepulauan Mentawai bisa lebih membaik. (Red)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 15 Kepala Puskesmas Di Mentawai Tanda-tangani MoU Komitmen Kerja Tahun 2020

Terkini

Topik Populer

Iklan