Amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Mentawai Bakal Libatkan Intelijen. - SasarainaFM

Breaking

radio

Kamis, 19 Desember 2019

Amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Polres Mentawai Bakal Libatkan Intelijen.

Polres Mentawai Gelar Apel  Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2019,  Kamis (19/12).

SASARAINAFM.COM │Kepolisian Resort Kepulauan Mentawai Bakal melibatkan intelijen untuk melakukan deteksi dini dan deteksi aksi jelang perayaan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kepulauan Mentawai.

Wakapolres Kepulauan Mentawai Kompol Maman Rosadi mengatakan dalam rangka menjaga situasi Kamtibmas pada Hari Raya Natal 2019 dan jelang Tahun Baru 2020, Polres Kepulauan Mentawai mengerahkan personil melakukan patroli dengan strategi pre-emptif dan pre-ventif melibatkan intelijen untuk deteksi dini dan deteksi aksi.

"Kita akan lakukan dengan strategi pre-emptif  dan pre-ventif, dan juga nanti ada intijen yang akan melakukan deteksi dini dan juga deteksi aksi, mudah-mudahan semua lancar dan aman,”  Ujar Kompol Maman Rosadi kepada media, seusai gelar Apel  Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2019 di Mapolres Mentawai, Tuapeijat KM 9 Sipora Utara, Kamis (19/12).

Lebih rinci Maman mengatakan, disamping para personil dari Polres Mentawai yang berjumlah 60 orang, pada pengamanan jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, pihaknya juga melibatkan 30 personil gabungan dari Sat-Pol PP, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Dinas Kesehatan Mentawai, dengan dilengkapi sebanyak lima Pos Pengamanan di setiap dermaga yaitu di Tuapeijat,  Polsek Sioban, Polsek Siberut, Sikakap, dan di Sikabaluan.

Operasi Lilin Singgalang 2019, kata Maman bakal digelar selama 10 hari, dimulai Senin (23/12) sampai Rabu (1/1).

"Kita akan melakukan patroli sekaligus pengawalan saat Misa pada malam Natal atau saat umat Kristiani beribadah. Nanti personil kita plot kan ke rumah-rumah ibadah," Kata Maman

Selanjutnya, menurut Maman, demi menjaga kenyamanan warga saat menjalankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru), pihaknya juga akan melakukan razia anti-sipasi makanan kadaluarsa di beberapa mini-market, toko-toko, atau warung-warung. Pasalnya ada informasi yang beredar ditengah  masyarakat tentang  ditemukannya beberapa makanan yang sudah tidak layak konsumsi (kadaluarsa).

Maman menegaskan, meskipun secara umum kondisi Kamtibmas di Kepulauan Mentawai saat ini masih tetap aman terkendali dan kondusif, namun pihak Kepolisian Mentawai tetap waspada dan terus melakukan antisipasi, termasuk antisipasi ancaman terorisme atau bom.

"Pada kapal-kapal kita sudah menyiapkan metal detector dan kita serahkan kepada petugas di kapal, dengan demikian minimal bisa mencegah pelaku kejahatan beraksi karena ada pemeriksaan di pintu masuk," pungkasnya. (KS)