Kamis, 10 Oktober 2019

Tim Bakti menyerahkan cenderamata kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melaui Staf Ahli Bupati.
SASARAINAFM.COM | SIPORA JAYA - Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap Masyarakat Kepulauan Mentawai Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas tenaga medis dalam memanfaatkan akses internet, Kamis (10/10) di Aula Hotel Graha Viona, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara.

" Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Bakti, sebagai wujud peningkatan Ekosistem Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terhadap dunia kesehatan, nah jadi kita memiliki dua mitra dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yakni Halodoc dan Sehati Tele CTG, dalam kegiatan ini kita memeberikan pelatihan kepada masing-masing perwakilan Puskesmas atau tenaga kesehatan untuk memahami aplikasi tersebut, " terang M.Iksan Setiawan bagian pelayanan internet untuk masyarakat.

Ia menyebutkan bahwa Kemenkominfo telah menyediakan fasilitas internet melalui VSAT  di sejumlah Puskesmas atau pun Puskesmas Pembantu (Pustu) sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi petugas kesehatan dan Masyarakat setempat, namun yang menjadi pertanyaan sarana tersebut digunakan untuk keperluan kesehatan bagi petugas kesehatan atau tidak.

" Kita tidak hanya membangun sarana teknologi informasi dan komunikasi saja, tetapi juga memberikan pelatihan agar internet ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kesehatan," tukasnya.

Lebih lanjut dikatakannya keberadaan Bakti dibawa naungan Kemenkominfo itu adalah membangun jaringan Telekomunikasi dan Informatika di Daerah 3T yakni Tertinggal, Terluar dan Terdepan, tujuannya untuk memberikan pemerataan akses komunikasi, meskipun di sejumlah daerah pelosok pedususnan masih ada yang belum terkoneksi dengan jaringan Telekomunikasi.

"Kenapa kita ada di sini, tujuannya supaya tidak ada lagi kata 3T dalam pemerataan akses telekomunikasi, sementara kalau kita berharap dari tower bisnis biayanya cukup mahal tidak sebanding dengan jumlah pengguna yang ada, jadi itulah pemerintah hadir memeberikan pemerataan di Daerah yang berstatus 3T, " paparnya.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Mentawai Ali Nurdin saat membuka acara tersebut menyampaikan rasa terima kasih yang tidak terhingga kepada Kementerian Kominfo melalui Bakti atas dibangunnya akses internet di Kepulauan Mentawai, dimana hal itu merupakan bukti perhatian pusat terhadap Daerah Kepulauan Mentawai, dimana selama ini layanan internet rata-rata di Puskesmas dan Pustu sudah ada.

"Sekarang jumlah tenaga medis saya kira sudah cukup banyak dan kita pemerintah daerah sudah membangun fasilitas kesehatan, nah sekarang yang menjadi perhatian kita adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia melalui teknologi informasi, dan sekarang persoalan akses komunikasi sudah dijawab, nah bagaimana kita memanfaatkan internet itu dengan baik," imbuhnya.

Setelah kegiatan pelatihan tersebut pihak Sehati Tele CTG bersama tim Bakti akan menyerahkan masing-masing satu unit pearangkat Tele CTG kepada Puskesmas Mapadegat, Kecammatan Sipora Utara, kemudian Puskesmas Sioban dan Puskesmas Bosua, Kecamatan Sipora Selatan.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Plt Kepala Dinas Kominfo Mentawai Pudjo Rahardjo, perwakilan Kadinkes Mentawai, Tim Bakti, Halodoc dan Sehati Tele CTG, serta sejumlah peserta dari 15 Puskesmas yang tersebar di Kepulauan Mentawai. (Red).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK