Jumat, 20 September 2019

Tim BPBD Mentawai lakukan sosialisasi dan penyuluhan agar warga tidak bakar lahan0
SASARAINAFM.COM | TUAPEIJAT - Tim gabungan BPBD, Satpol PP, dan Damkar Mentawai melakukan tindakan persuasif melalui sosialisasi dan penyuluhan kepada warga agar tidak membakar lahan.

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan itu dilakukan melalui monitoring atau patroli di tiga kecamatan yaitu  Sipora utara, Sipora selatan, dan Sikakap itu juga dimaksudkan untuk melakukan pengawasan  terhadap kemungkinan adanya pembakaran lahan oleh masyarakat setempat.

" Pada bulan Agustus lalu sudah terjadi kebakaran hutan dan ladang di daerah Taikako, Matobe di kecamatan Sikakap, nah kita saat ini lakukan patroli untuk mengantisipasi agar hal itu tidak terjadi lagi," Ujar Kalaksa BPBD Mentawai, Novriadi di Tuapeijat, Jumat (20/9).

Novriadi mengajak peran aktif para camat, kepala desa  khususnya di kawasan pulau Pagai dan juga Siberut ikut melakukan pengawasan dan patroli dalam
pencegahan kebakaran hutan lingkungan dan melakukan sosialisasi kepada warga.

"Sekecil apapun, kalau berdampak pada lingkungan, yang rugi masyarakat.Selain itu bisa dikenakan pasal pidana kepada pembakar lahan, untuk itu kita ajak peran aktif pemerintah di kecamatan dan desa untuk aktif dalam pengawasan ini," tutur Novriadi.

Saat patroli,kata Novriadi tim BPBD menemukan titik-titik pembakaran lahan yang dimonitor pada Kamis (19/09) diantaranya, Metrobibit 1 titik, Pogari 1 titik,  Rokot 2 titik,  dan Saureinuk 2 titik.

Dari pantauan tersebut pihaknya memberikan sosialisasi kepada para petani pembakar lahan dan melakukan pertemuan sekaligus koordinasi bersama aparat kecamatan dan desa. Adapun warga yang melakukan pembakaran lahan berjanji tidak akan mengulangi hal tersebut.
(KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK