Our social:
Loading...

Menkominfo Rudiantara Kukuhkan Kepengurusan PERSADA.ID 2019-2024


SASARAINAFM.COM | TANGERANG - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengukuhkan kepengurusan Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia ( PERSADA ID)  untuk masa jabatan 2019-2024 di Atria Hotel, Tangerang, Rabu (28/8).

Kepengurusan PERSADA ID yang dikukuhkan tersebut diantaranya dewan pengarah yang terdiri dari Ir. Eddy Santoso. MM ( Direktur Eksekutif ASKOMPSI), Mistam Abuzamma, S.Sos. M.Si (Ketua Dewan Pengawas RRI), Dr. Suko Widodo, MA ( Dosen FISIP Unair Surabaya), dan Jumali, S.Pd.M.Pd (Ketua Dewan Pengawas LPPL Radio Persada FM Kabupaten Blitar.

Kemudian Ketua Umum Drs. Saifullah Yusuf didampingi 8 wakil ketua umum yang mengurusi  bidang organisasi, pengembangan program, peningkatan SDM penyiaran, bidang TIK, kehumasan, hukum advokasi, peluang usaha, dan bidang urusan kerjasama dan hubungan  antar Lembaga.  

Kemudian Ketua Harian Drs. Syaifudin Ahmad, M.Si ( Kepala Dinas Kominfo Kab. Pasuruan Jatim), Sekjend Lalu Martawang, SE. M.Si (Asisten 1 Setda Kota Mataram NTB) yang dibantu 2 orang wakil sekjend, Bendahara Umum Anita Rini, SE (Sekretaris Dinas Kominfo Kab.Sumba Barat- NTB), Direktur Eksekutif Ir. Aries Widojoko, ICPM (Direktur Utama LPPL Radio Suara Sidoarjo FM) yang dibantu wakil direktur dan 2 manager dan para koordinator regional. Sementara Menkominfo Rudiantara dalam kepengurusan ini menduduki posisi sebagai pembina bersama Prof. Mahfud MD, Dr. Rizaldi Risman Djohan, Dr. Suprawoto, Drs. Muhammad Wardana, dan ustad Yusuf Mansur.

Dalam sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebutkan tantangan dunia penyiaran radio dan tv di era milineal sangat besar, terlebih ditengah maraknya arus informasi dari media sosial yang kesemuanya bisa dikendalikan hanya dengan perangkat smartphone. " di era milineal ini saya kira semua bisa lebih praktis cukup dengan hp bisa mendengar radio, saya sendiri suka dengar radio di aplikasi radio garden, saya bisa dengar siaran dari seluruh dunia," ujar Rudiantara

Rudi menyebut dengan adanya tantangan dari media lain, radio masih tetap bisa bersaing namun harus menyajikan konten penyiaran yang menarik.

Pada sambutannya Rudiantara juga memberikan apresiasi kepada kelompok seni dari anak-anak SMP Tangerang  yang tampil pada acara itu. Dia mengatakan penampilan anak-anak dalam menyajikan seni tari dan permainan musik tradisional bisa dijadikan motivasi didalam dunia penyiaran untuk mengangkat kearifan lokal.

Dibagian lain Rudiantara juga memaparkan tentang dibatasinya akses internet di papua. Dia mengatakan  secara dunia nyata aktifitas masyarakat di Papua sudah kondusif dan normal, namun di dunia maya keadaan yang terjadi justru sebaliknya.

" kita tidak menutup akses internet di papua, kita hanya membatasi, disana masih bisa berkomunikasi dengan hp dan sms, ini tentu mempertimbangkan keadaan dan perkembangan nantinya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum PERSADA.ID Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebutkan tugas utama persada.id kedepan adalah segera melakukan  revitalisasi terhadap keberadaan radio- radio publik lokal milik pemerintah daerah. Pasalnya kata Gus Ipul radio sudah merupakan barang lawas," radio ini barang lawas yang perlu direvitalisasi lagi perlu dikembang tumbuhkan lagi yang disesuaikan dengan era kekinian," ujar mantan wakil Gubernur Jatim itu.

Untuk melakukan revitalisasi terhadap penyiaran radio-tv ber "plat merah" milik pemerintah daerah itu kata Gus Ipul keberadaan PERSADA.ID sebagai organisasi berkumpulnya para pengampu penyiaran publik lokal di daerah harus mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama para kepala  daerah dari gubernur, walikota dan bupati,"  saya sangat terinspirasi dengan gubernur jawa tengah, mas ganjar pranowo yang telah berhasil melakukan pembinaan terhadap radio dan tv lokal di Jateng, dan secara rutin  beliau juga bersiaran berinteraksi dengan masyarakat pendengar melalui lppl yang memang sudah banyak di Jateng, beliau ini bisa dijadikan contoh,dan saya sudah meminta mas ganjar untuk menjadi ketua umum persada.id tahun depan, saya tak jadi wakil ketua umum saja " ujar Gus Ipul yang mendapat aplaus dari hadirin.

Acara pengukuhan Pengurus dan Musyawarah Kerja Nasional I (Mukernas I) Persatuan Radio TV Publik Daerah Seluruh Indonesia (PERSADA.ID) dihadiri beberapa  kepala daerah, yakni Bupati Magetan Suprawoto, Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti, dan  Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar selaku tuan rumah. Juga hadir para kepala dinas kominfo dan para pimpinan dari 100 lebih LPPL Radio TV anggota Persada.id

Acara berlangsung sangat meriah, terlebih saat panitia memberikan kejutan dengan membawakan kue ulang tahun kepada Gus Ipul sang ketua umum persada.id yang berulang tahun ke 55 tahun pada hari ini, dan hadirinpun secara suka cita bersama menyanyikan lagu Zamrut "selamat ulang tahun" (dio)

0 Comments:

Posting Komentar