Iklan

KPU Mentawai Tunda Rapat Pleno Terbuka. Ini Penyebabnya

Kamis, 04 Juli 2019, Juli 04, 2019 WIB Last Updated 2019-07-04T08:52:15Z
Ketua KPU Mentawai, Eki Butman
SASARAINA.COM, TUAPEIJAT- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Mentawai,  menunda  rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih dan perolehan kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mentawai.

Menurut Ketua KPU Mentawai, Eki Butman,  penundaan rapat pleno itu dikerenakan belum keluarnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK).

"KPU RI menginstruksikan kepada kami menyampaikan bahwa setelah lima hari menyerahkan salinan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK) belum keluar, " kata Eki Butman, di Tuapeijat Kamis (4/7).

Eki menyebutkan, karena undangan sudah diedarkan, maka KPU Mentawai  hari ini hanya melakukan pelaksanaan simulasi penghitungan perolehan kursi DPRD.

 "Sebenarnya hari ini kita rapat pleno terbuka penetapan calon terpilih DPRD, tapi ternyata kemarin kita baru mendapatkan informasi bahwa penerapannya ditunda, sudah kita tunggu-tunggu sampai malam ternyata belum keluar juga BRPKnya, karena sudah terlanjur kita mengirimkan undangan, ya kita lakukan saja simulasi sampai nanti surat BRPK dari KPU RI disampaikan ke kita, " jelas Eki.

Penundaan rapat pleno tersebut menurutnya, sesuai surat edaran (SE) nomer  867 dari  KPU RI tentang penundaan rapat pleno penetapan calon yang terpilih. Jika BRPKnya sudah keluar, maka MK diserahkan ke KPU RI dan KPU RI menyerahkan ke KPU seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Eki menjelaskan, untuk kursi di DPRD Mentawai ada 20 kursi yang ditetapkan,  untuk Dapil 1 ada lima kursi meliputi Sipora Utara dan Sipora Selatan,  Dapil 2 ada enam kursi meliputi Sikakap,  Pagai Utara dan Pagai Selatan dan Dapil 3 ada sembilan kursi,  meliputi Siberut Barat Daya,  Siberut Selatan,  Siberut Tengah,  Siberut Utara dan Siberut Barat.
(Suntoro)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • KPU Mentawai Tunda Rapat Pleno Terbuka. Ini Penyebabnya

Terkini

iklan2

Iklan