Kamis, 04 Juli 2019

Rapat Persiapan BPBD Mentawai Jelang Pelaksanaan Jambore BPBD Se-Sumbar  

SASARAINAFM.COM, TUAPEIJAT – Setelah meraih predikat juara umum pada Jambore BPBD Ke V Tahun 2018 di pantai Caroline Bungus Padang. Tahun ini, BPBD Mentawai ditunjuk menjadi tuan rumah penyelenggara Jambore BPBD Ke VI tingkat Sumatera Barat.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Mentawai, Yusuf Hadisumarto, mengatakan kegiatan jambore yang bakal diikuti para Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di Desa atau Nagari Se-Sumatera Barat itu, menurut rencana akan digelar pada 22-26 Juli 2019 di kawasan pantai Mapaddegat Sipora Utara..

“Mentawai menjadi tuan rumah jambore ini, atas kemenangan atau juara umum tahun 2018 lalu di Padang pantai Caroline Bungus, jadi keputusan setiap daerah yang menjadi juara nantinya akan menjadi tuan rumah berikutnya,” Kata Yusuf di Tuapejat, Kamis (4/7)

Menurut Yusuf, selain untuk meningkatkan kapasitas BPBD, pada kegiatan jambore BPBD Se-Sumbar nanti juga bakal digelar pelatihan atau pembinaan-pembinaan kepada Kelompok Siaga Bencana (KSB) yang ada di Desa ataupun di Nagari se Sumatera Barat, dan juga berbagai lomba.

“ untuk Jambore tahun ini, ada macam kegiatan lomba yang diadakan, yaitu lomba management posko, teknis fasilitasi, dan kuis penanggulangan bencana, kalau tahun lalu ada lima namun saat ini dikurangi mejadi tiga perlombaan,” Ujar Yusuf.

Lebih rinci Yusuf menyebutkan untuk  setiap kontingen ada 13 orang peserta, yang rekrut atau diambil dari hasil dampingan ASB, dari Bosua 2 orang, Goiso Oinan 2, Tuapeijat 4, Pasakiat taileleu 2, Sipora Jaya 2, pramuka 1 orang, dan ditambah pendamping 2 orang.

“Kalau pelatihan atau pembekalan, kita seminggu sebelum pelaksanaksaan jambore kita sudah kumpulkan disini karena ada yang jauh, kalau misalnya kita kumpul sekarang yang jauh pasti tidak bisa ikut, jadi kita akan kumpulkan mereka satu minggu itu mulai tanggal 15 sampai 20 Juli, kita akan latihan secara terus menerus”, katanya.

Terkait tempat dan fasilitas, Yusuf memastikan penyelenggaraan Jambore  BPBD Se-Sumbar tetap dilaksanakan di kawasan pantai Mapaddegat, dan bukan di lapangan sepak bola Desa Goiso Oinan, seperti direncanakan semula. 

“ sesuai kesepakatan rapat kita tetapkan di Mapaddegat, karena disini lebih layak  lokasinya untuk menggelar Jambore itu, kalau di desa Goiso Oinan, selain jaraknya jauh juga ada maalah tentang persediaan air, “ Pungkas Yusuf (Suntoro)


0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044