Kamis, 13 Juni 2019

KM.Sabuk Nusantara 68 Bersandar di pelabuhan Tuapejat
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Sepanjang arus Mudik libur lebaran Idul Fitri 1440 H Tahun 2019 kapal KM Sabuk Nusantara 68 telah membawa sedikit 2400 penumpang, dengan rute penyeberangan Kepulauan Mentawai - Padang.

Hal itu dikatakan Kapten Kapal Sabuk Nusantara 68 Wimo Bintoro kepada wartawan baru-baru ini di Pelabuhan Teluk Bayur, dimana jumlah tersebut jauh lebih tinggi dari jumlah kuota yang ditetapkan sebelumnya yakni 1100 penumpang..

"Hal ini di luar ekspektasi kita, dimana jumlah penumpang mudik gratis yang kita rencanakan sebelumnya hanya untuk 1100 penumpang, namun sebelum sampai pada tanggal 29 Mei waktu yang ditargetkan, kuota mudik gratis sudah habis terjual," tuturnya.

Melihat tingginya jumlah penumpang dan tenggat waktu yang ditargetkan masih panjang kata Wimo, PT. Semen Padang dan PT. Pelni memberi tambahan 1 trip perjalanan mudik gratis, "itu pun penumpangnya banyak, sehingga mencapai 2400 penumpang, untuk itu tahun depan kita sepakat akan ditambah kuota mudik lebaran menjadi 3000 penumpang," terang Wimo.

Ia menyebutkan program tersebut merupakan kerja sama antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Semen Padang dan PT. Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) setiap tahunnya, dimana Tahun 2018 lalu pihaknya juga mengadakan program tersebut.

Ia menjelaskan Kapal Km Sabuk Nusantara 68 memiliki kemampuan membawa penumpang sebanyak 472 orang, sesuai dengan jumlah ranjang yang ada, disamping itu pihaknya juga memiliki 36 ranjang di kamar Anak Buah Kapal (ABK), yang bisa dijadikan tempat penumpang apabila diperlukan. .

" Sebetulnya sesui dengan alat keselamatan dan ditambah alat keselamatan ekstra, kita punya totalnya 572, kemudian ranjang penumpang 472 dan ditambah ranjang di kamar ABK 36 ranjang," paparnya

Selanjutnya Ia memaparkan KM Sabuk Nusantara berlayar sebanyak 6 trip dalam sebulan, dimana dalam satu trip menempuh perjalan selama 3 sampai kembali ke pelabuhan Teluk Bayur.

Adapun rute yang ditempuh setiap tripnya Antara lain, Teluk Bayur - Labuhan Bajau - Sikabaluan/Pokkai - Muara Saibi - Siberut/Maileppet - Peipei/Mabukkuk - Tuapeijat - Penasahan dan kembali lagi ke Teluk Bayur

Trip berikutnya Teluk Bayur - Penasahan - Tuapejat - Sioban - Pasapuat - Sikakap - Sinakak - Sikakap - Penasahan dan kembali ke  Teluk Bayur.

Selanjutnya trip Teluk Bayur - Sioban - Sikakap - Pasapuat - Sioban  - Tuapejat - Penasahan dan kembali ke Teluk Bayur. Masing masing trip dilakukan sebanyak 2 kali dalam sebulan.

"Sekarang Animo Masyarakat sangat tinggi untuk menggunakan kapal Sabuk Nusantara ini, karena selain mudik gratis, harga tiket yang kita jual juga sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya, kita juga memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang, " Pungkasnya. (red)

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044