Iklan

Pendaftran SMAN 2 Sipora Akan Dibuka Besok

Senin, 24 Juni 2019, Juni 24, 2019 WIB Last Updated 2019-06-24T08:55:43Z
Panitia Pendaftaran SMAN 2 Sipora Tetap Menerima Berkas Para Siswa Lulusan SMP Yang Terlanjur Terlebih Dulu Mendaftar di SMA N.2 Sipora  

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT- Pendaftaran siswa baru di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Sipora akan dibuka besok Selasa (25/6).

Kepala SMAN 2 Sipora, Helimursida mengatakan, penerimaan siswa baru sedikit terlambat, sebab hari ini Senin (24/6) masih dilakukan sosialisasi mengemai zonasi penerimaan siswa.

"Karena sistem zonasi makanya perlu sosialisasi, makanya kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) provinsi menemui Kementerian, kita tunggu Surat Keputusan (SK) Gubernurnya", kata Helimursida..

Sementara untuk sistem zonasi di Provinsi Sumatera Barat menurut Helimursida diperluas, dalam arti zonasinya per Kabupaten, misalnya Kabupaten Kepulaun Mentawai satu zonasi, kabupaten Padang Pariaman satu zonasi, namun di luar provinsi Sumatera Barat sistem zonasi penerimaan siswa baru per Kecamatan atau wilayah.

“Kalau per Kecamatan, kita disini berapalah siswanya, tidak banyak, jadi diperluas zonasinya, sehingga dari Kecamatan Sikakap atau Siberut masih bisa masuk di SMAN 2 Sipora ini, atau sebaliknya, kita terima saja”, ungkapnya.

Bagi yang mendaftar di SMAN 2 Sipora akan melakukan dua kali pendaftaran, yang pertama sistem manual bagi yang dekat, kemudian sistem daftar online bagi calon siswa yang berada jauh di Pulau Sipora, misalnya dari Sikakap atau Siberut.

Pendaftaran manual offline mulai 25 sampai 28 Juni 2019, pengumuman calon siswa yang diterima 29 Juni 2019, kemudian pendaftaran ulang calon siswa mulai 1 Juli 2019. berikutnya pendaftaran online siswa tahap pertama Tanggal 4 sampai 6 Juli 2019, pengumuman 8 juli 2019, pendaftaran ulang 8 sampai 10 Juli 2019.

Pendaftaran online tahap kedua mulai Tanggal 11 sampai 12 Juli 2019, pengumuman 13 juli 2019 sekaligus pendaftaran ulang.

Sedangkan sekolah yang tidak mempunyai jaringan internet, siswa mendaftar secara offline ke sekolah yang dituju. Pendaftaran offline tahap pertama mulai Tanggal 4 sampai 6 Juli 2019, pengumuman 8 Juli 2019 dan pendaftaran ulang 8 sampai 10 juli 2019. berikut pendaftaran offline tahap kedua mulai Tanggal 11 sampai 12 juli 2019, pengumuman 13 juli 2019 sekaligus pendaftaran ulang. Hari pertama masuk sekolah mulai Tanggal 15 Juli 2019.

“Seharusya kita Tanggal 8 juli sudah sekolah, tapi karena keterlambatan edaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) maka diundur, ini seluruhnya, tapi ini untuk SMA yang ada di provinsi, kalau yang di Kabupaten kurang tahu juga”, ujar Helimursida.

Sementara jumlah siswa yang diterima maksimal 250 orang atau tidak terbatas. Lebih lanjut disampaikan Helimursida, pebgalaman tahun sebelumnya jumlah siswa yang mendaftar tak lebih dari 250 atau hanya 230 orang siswa yang mendaftar di sekolahnya..

Untuk persyaratan pendaftaran siswa baru tahun Ajaran 2019/2020, antara lain, surat keterangan kelulusan atau SKHU sementara, pas photo 3x4 warna sebanyak 5 lembar berpakaian sekolah, fotokopi rapor semester 1sampai semester 5, fotokopi kartu peserta ujian Nasional (UN) sebanyak 1 lembar, tambahan Fotokopi kartu Keluarga (KK).

Salah satu siswa asal Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Taraet, Desa Betumonga, Kecamatan Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, Sri (16) mengatakan dirinya datang ke Tuapeijat untuk mendaftar bersama temannya mengendarai sepeda motor selama 2 jam perjalanan.

“Dari Taraet bang, saya sama temannya saya, tidak ditemani orang tua, hanya berdua saja, untuk mendaftar di SMAN 2 Sipora, tadi sudah mendaftar dan sudah diterima berkasnya, rencana sore nanti kami berangkat lagi”, kata Sri.

Soal sistem zonasi, ia mengaku belum mendengar informasi tentang itu, sebab di daerahnya belum ada Internet atau alat komunikasi. (Suntoro)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Pendaftran SMAN 2 Sipora Akan Dibuka Besok

Terkini

iklan2

Iklan