Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Minggu, 30 Juni 2019

Keindahan bawah laut pantai Jati Mentawai yang menakjubkan
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Meriahkan kegiatan Festival Pesona Mentawai (FPM) 2109, Dinas Perikanan Mentawai gelar wisata bahari snorkeling dan diving di kawasan Taman Kima di kawasan pantai pantai dusun  Jati  desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara- Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Taman Kima atau sering disebut kerang raksasa saat ini dikelola dan dibawah binaan unit pelaksana teknis (UPT) Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut ( BPSPL) Padang, dan dikenal memiliki spot yang indah untuk wisata bahari bawah laut Mentawai.

Saat ini untuk melindungi aset bahari tersebut, area kima diberi marking dan menjadi salah satu spot diving di pantai Jati. 

"Kita ingin menggaungkan wisata bahari Kepulauan Mentawai bahwa selain surfing, ada wisata bahari lainnya yaitu snorkeling dan diving di sini," ujar Riris Hermawan, koordinator snorkeling dan diving Dinas Perikanan Kepulauan Mentawai, Minggu (30/6).

Ia menyebutkan bahwa ada 9 spot diving di pulau Siberut dan Sipora yang ditetapkan berdasarkan hasil survei Coral Reef Rehabilitation Management Program - Coral Triangle Initiative (Coremap- CTI) 2016 lalu, salah satunya, di pantai Jati dan pulau di sekitar Tuapejat.

Pada kegiatan FPM 2019 kali ini telah terdaftar 40 orang peserta umum yang mengikuti olahraga bahari snorkeling dan diving selama dua hari di pantai Jati.

Untuk mengawasi dan menjaga keselamatan para peserta, Dinas Perikanan memiliki klub yang sudah berlisensi bernama Poseidon Diving Club.

"Sebelum snorkeling, kita memberikan pengenalan dan pelatihan dasar penggunaan alat-alat snorkeling seperti masker dan fin. Kalau sudah familiar,
kita perkenalkan memakai alat scuba diving," sebut Riris.

Untuk mengantisipasi terjadinya trouble peralatan, clubnya menjelaskan trik pemakaian alat dan menyelamatkan diri sendiri.

"Kita memiliki slogan never dive alone.
Jadi, diving itu tidak boleh sendirian. Jika terjadi permasalahan pada peralatannya, teman yang lainnya bisa membantu,"ujarnya.

Bagi pemula, kata dia, bisa diving sedalam dua meteran di area taman kima tersebut. Namun bagi advance diver bisa diving di spot bawah taman kima yang ada akar baharnya.

Adapun peralatan yang tersedia diantaranya, scuba diving mask,
scuba diving mask with tripod mount sport cam, full wetsuit long sleeve, fin gloves, rompi, Bouyancy compensation Device (BCD) jaket, Weight belt, Gauges, dan lainnya. (KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK