Kamis, 13 Juni 2019


Di masa kini anda mungkin sudah tak asing dengan streaming siaran radio melalui koneksi internet. Ada beberapa situs dan aplikasi yang menawarkan fitur streaming siaran radio dari seluruh dunia, namun antar muka yang disajikan terlihat biasa saja. Baru-baru ini muncullah sebuah situs yang bernama Radio Garden, cara kerjanya mirip dengan radio digital lain tapi dengan antar muka peta dunia..

Radio Garden adalah website interaktif yang menampilkan ribuan stasiun radio dari banyak negara. Memakai tampilan seperti peta Google Earth, ada banyak lingkaran kecil berwarna hijau yang mewakili lokasi masing-masing stasiun radio.

Jika pengakses menekan titik hijau itu dengan mouse ataupun dengan sentuhan jari di perangkat mobile, tampilah info stasiun radio di lokasi itu dan siarannya bisa didengar langsung.

Kami dari Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Sasaraina FM Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai telah mendaftarkan url stream radio kami pada layanan website interaktif radio garden ini melalui situs  https://submit.radio.garden/ dan setelah terpasang pada direktori radio garden itu, kami melakukan beberapa percobaan secara acak memilih beberapa radio dari berbagai negara, cukup banyak yang berjalan dengan lancar namun ada  pula yang tidak bisa terdengar, entah karena koneksi internet kami atau jaringan milik stasiun radio.

Dikutip dari detik.com Radio Garden ini diciptakan oleh perusahaan yang berbasis di Amsterdam. Yaitu Studio Puckey dan Moniker. Mereka diminta lembaga Netherlands Institute for Sound and Vision mengembangkan proyek itu, yang berfokus menampilkan radio menembus batas linguistik dan geografis..

“Secara konsep, apa yang penting adalah meninggalkan nama kota, negara dan batas dan hanya memajang peta ‘telanjang’ bumi. Anda hanya perlu menekan radio itu,” sebut Jonathan Puckey, anggota tim yang menciptakan Radio Garden.

Radio Garden pun memungkinkan pengguna mengeksplorasi dunia melalui suara. Memang belum semua stasiun radio di seluruh dunia ada di Radio Garden, tapi bakal terus ditambah tiap harinya. Radio yang ingin tampil bisa langsung menghubungi tim Radio Garden.

Sejak diluncurkan, Radio Garden menjadi viral. Banyak stasiun radio dari berbagai negara ingin segera ditambahkan di layanan tersebut.

“Ini adalah kejutan besar bagi kami. Saat diluncurkan saja sudah ada ratusan email dari radio yang sangat ingin diletakkan di sana. Kami akan melakukannya sebisa kami,” papar Jonathan.



0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044