Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Sabtu, 29 Juni 2019

Stand Dinkes Mentawai pada Festival Pesona Mentawai 2019
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT - Kegiatan lomba parade buah dan sayur batal diadakan pada hari ini dalam rangkaian perhelatan Festival Pesona Mentawai 2019.

Ternyata, beberapa peserta lomba parade tersebut juga turut mengikuti lomba dan kegiatan lainnya pada saat bersamaan.

"Karena peserta ga jadi berparade, kita membagikan buah-buahan saja bagi pengunjung di kegiatan FPM ini," ungkap Ester, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kepulauan Mentawai di stand Dinkes di homestay Mapaddegat, sabtu (29/06/2019).

Adapun buah-buahan yang dibagikan kepada masyarakat diantaranya, buah semangka, jeruk, pisang, dan pepaya yang sudah dikupas da dipotong-potong.

"Kita membagikan buah-buahan ini  karena buah-buahan ini yang paling mudah didapatkan khususnya di desa Tuapejat," tutur Ester.

 Ester mengatakan bahwa tujuan parade buah-buahan ini untuk membangun kebiasaan makan buah di rumah agar mendapatkan tubuh sehat dan ternutrisi, karena sehat itu tidak harus mahal dengan buah-buahan yang mahal, tapi juga dapat diperoleh dari buah yang bisa ditanam di lahan Mentawai.

Selanjutnya ia menyatakan bahwa kegiatan berbagi atau parade buah di stand Dinkes Mentawai diadakan dua kali hari ini yaitu jam 11.30 dan 16.00 Wib.

"Berbagi buahnya hari ini saja. Waktu makan buahnya sengaja kita setting sesuai anjuran kesehatan agar makan buah dalam keadaan perut kosong sebelum makan-makanan yang berat seperti nasi," papar Ester.

Ia menambahkan bahwa selama ini banyak masyarakat mengkonsumsi buah sesudah makan nasi, tapi ternyata kebiasaan tersebut terbalik.

Seharusnya makan buah dulu beberapa jam sebelum makan nasi agar vitamin dan serat dalam buah utuh diserap oleh lambung kita.
(KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK