Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Rabu, 01 Mei 2019

Ketua KPU Mentawai, Eki Butman saat membuka pleno rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten di Tuapejat.
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Sebelum Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Kabupaten dibuka, Ketua KPU Mentawai meminta seluruh pihak yang hadir pada kegiatan tersebut untuk mengheningkan cipta bagi petugas penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2019 yang gugur dalam tugas,

"Ini merupakan sejarah baru penyelenggaraan pesta demokrasi yang sangat rumit hingga banyak petugas yang meninggal dunia, kami menyampaikan belasungkawa, untuk itu marilah kita sejenak menundukkan kepala kita untuk mengheningkan cipta," pintanya kepada seluruh peserta yang hadir pada acara Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Kabupaten yang digelar di Aula Hotel Turonia, Jalan Raya Tuapeijat Km 5, Kecamatan Sipora Utara, Selasa (1/5)

Ia menyebutkan sejauh ini telah tercatat sedikitnya 103 orang petugas baik KPPS dan Petugas pengamanan yang meninggal dunia akibat kelelahan, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi di Kepulauan Mentawai pihak telah berkoordinasi dengan pihak kesehatan.

"Sementara kita di Mentawai alhamdulillah tidak ada yang mengalami sakit atau yang meninggal akibat kelelahan ini, untuk mengantisipasi terjadinya hal itu kita telah berkoordinasi dengan pihak kesehatan," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya proses tahapan pemilu serentak tahun 2019 ini, cukup panjang sejak tahun 2018 sampai pada tahap rekapitulasi penghitungan suara, meskipun dengan kondisi geografis yang sulit, namun dengan kerja keras semuanya berjalan dengan baik.

Ia menyebutkan hasil rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kabupaten tersebut adalah hasil yang dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, yang mana hasilnya nanti akan dilanjutkan ke tingkat provinsi.

"Rekapitulasi ini akan dilaksanakan selama 3 hari, kemudian hasilnya kita bawa ke tingkat Provinsi, hal ini kita percepat, jangan sampai rekapitulasi suara di tingkat provinsi terkendala, karena Rekapitulasi suara di tingkat kabupaten ini, untuk rekapitulasi tingkat provinsi rencananya sesuai tahapan pada 6 mei 2019," terangnya.

Guna menghindari munculnya dugaan kecurangan pihaknya meminta kepada seluruh saksi dari partai politik baik Pilpres dan Pileg untuk tetap mengikuti kegiatan tersebut sampai selesai. (red)




0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK