Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Kamis, 09 Mei 2019

Ratusan Tukang Bangunan Ikuti Uji Kompetensi di Mentawai
mentawaikab.go.id_ TUAPEJAT -
Ratusan orang yang kesehariannya sebagai tenaga tukang bangunan mengikuti pembekalan dan uji sertifikasi tenaga kerja konstruksi yang digelar Balai Jasa Kontruksi Wilayah I Banda Aceh bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai..

" kegiatan itu sudah seminggu yang lalu sebenarnya, kita bersama  Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yang menggelar acara itu," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mentawai Ir.Elfi di Tuapejat, Kamis, (9/5).

Elfi menyebutkan, seorang tukang bangunan wajib memiliki sertifikasi uji kompetensi profesi sebagai tukang, baik sepesifikasi tukang kayu maupun beton atau permanen, guna meningkatkan kualitas atau mutu bangunan di Kepulauan Mentawai.

Ia menjelaskan kegiatan tersebut dilalaksanakan di tiga  lokasi, yakni  di Kecamatan Sikakap, Kecamatan Sipora Utara dan Kecamatan Siberut Selatan, dengan jumlah  peserta di Sipora sebanyak 150 orang, sedangkan di Siberut dan Sikakap masing-masing 100 orang. Dengan adanya uji kompetensi itu, Elfi berharap bagi peserta yang lulus, kedepan akan mendapatkan nilai tambah atau upah kerja yang jauh lebih baik.

" Kalau sebelumnya pihak ketiga atau kontraktor mengunakan jasa konstruksi bangunan dengan upah kecil, setelah mendapatkan sertifikasi harus dibayar sesui dengan ketentuan, nilainya akan bertambah," ujarnya.

Kegiatan yang dibuka Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake tersebut merupakan salah satu alternatif mengetahui seberapa banyak tenaga kerja tukang yang berkompeten di Kepulauan Mentawai untuk selanjutnya  akan dilakukan pelatihan guna menambah ilmu para pekerja yang menekuni bidang tukang itu.
(Red)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK