Iklan

Yudas Sabagglet : Mentawai Perlu Perkuat Layanan Pendidikan dan Kesehatan Melalui Teknologi

Jumat, 12 April 2019, April 12, 2019 WIB Last Updated 2019-04-12T03:20:32Z


Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet
SASARAINAFM.CM, MATOBE - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini masih fokus dalam pemerataan koneksi jaringan internet dengan membangun prasarana telekomunikasi di wilayah-wilayah terluar, tertinggal, dan terdepan (3T). Salah satunya yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Dalam hal ini, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet selain mendongkrak perkembangan pariwisata, ia juga berkomitmen   majukan Pendidikan dan Kesehatan melalui akses internet.
"selain pariwisata, kita juga disini komitmen kembangkan pendidikan dan kesehatan melalui teknologi " katanya..

Akses internet ini antara lain untuk mendukung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bagi siswa SMP dan SMA dan pelayanan kesehatan masyarakat di Mentawai.
Sementara dalam bidang kesehatan, untuk mendorong penguatan sektor kesehatan melalui penyediaan jaringan internet untuk pemanfaatan aplikasi HaloDoc serta demo perangkat Tele-CTG (cardiotography).

HaloDoc merupakan platform layanan kesehatan digital yang memungkinkan penggunanya berkomunikasi langsung ke lebih dari 20 ribu dokter berlisensi di Indonesia, kapanpun dan di manapun selama terhubung dengan internet.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet tegaskan, agar Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan di Mentawai bergerak cepat untuk berkoordinasi dengan pihak terkait sehingga dalam penganggaran tahun 2020 memiliki dasar yang jelas.

"Dinas pendidikan dan dinas kesehatan harus cepat berkoordinasi dan mempelajarinya, sehingga penganggaran tahun 2020 kita ada dasar " tegasnya.

Di tempat yang sama, Direktur pelayanan telekomunikasi dan informasi masyarakat dan pemerintah dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Danny Januar Ismawan menuturkan, bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus melayani masyarakat di wilayah 3T melalui kombinasi teknologi telekomunikasi sehingga lembaga-lembaga penting seperti sekolah, Puskesmas, kantor pemerintah daerah serta lembaga penting lainnya dapat memanfaatkan akses internet cepat..

"bakti kominfo  berkomitmen  untuk selalu  melakukan inovasi perkembangan sistem digitalisasi di sektor - sektor lain" tuturnya.

Lanjutnya, ketersediaan jaringan internet yang cepat dan andal dapat meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan konten, aplikasi, maupun platform yang diperlukan dalam peningkatan produktivitas dan perbaikan kualitas hidup masyarakat.

Di Kepulauan Mentawai, BAKTI Kominfo tidak hanya menyediakan infrastruktur telekomunikasi dan akses internet, namun memperkuat sumberdaya manusia dan ekosistem digital. Insiatif pengembangan sumberdaya manusia telah berlangsung sejak tahun 2018. BAKTI Kominfo memperkuat literasi digital dengan pemanfaatan aplikasi belajar Bahasa Inggris Online atau BAHASO. 

Ia menambahkan, untuk percepatan pembangunan telekomunikasi,   Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI memastikan akan menyewa satelit. (Nbl)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Yudas Sabagglet : Mentawai Perlu Perkuat Layanan Pendidikan dan Kesehatan Melalui Teknologi

Terkini

iklan2

Iklan