Rabu, 27 Maret 2019

Kegiatan Pelatihan Tatalaksana Kasus Kegawatdaruratan di Aula Hotel Bundo Guest House Tuapejat Sipora Utara



SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Barat bekerja sama dengan Dinkes Mentawai dadakan On Job Training Tatalaksana Kasus Kegawatdaruratan Obsteri, Anak, Penyakit Dalam, Bedah dan Mata, Selasa malam (26/03) di Aula Hotel Bundo Guest House, Kecamatan Sipora Utara.

Pelatihan kerja lapangan itu dibuka langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sabeleake, dihadiri Kadinkes Provinsi Sumbar Merry Yuliesday, Kadinkes Mentawai Lahmudin Siregar, lima orang Dokter Spesialis sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut.

Wabup Mentawai Kortanius Sabeleake kepada awak media usai membuka acara tersebut menyampaikan apresiasi atas kerja keras petugas kesehatan yang berupaya meningkat pelayan kesehatan melalui pelatihan peningkatan kualitas sumber daya manusia..

"Terima kasih kepada para dokter spesialis yang menyempatkan waktunya datang menyalurkan ilmu kepada petugas kesehatan di Mentawai, karena kalau kita mengadakan kegiatan khusus tentu butuh anggaran, namun dengan adanya kegiatan ini dapat membantu kita meningkatkan kapasitas petugas kesehatan," ungkapnya.

Menurutnya seorang dokter atau petugas kesehatan lainnya mendapatkan ilmu bukan hanya sekedar teori, tetapi ilmu yang didapatkan langsung diaplikasikan dalam tugas kerja lapangan, untuk ia meminta kepada seluruh peserta untuk betul-betul memahami tugas dan fungsinya sebagai pelayan kesehatan.

"Kita hanya tau sekarang petugas kita itu ada di setiap pelosok, namun kita tau seperti apa pelayanannya, tentu hal tersebut hanya masyarakat yang bisa merasakannya, sekali lagi terima kasih atas pelayan kesehatan dari Dinkes Provinsi yang langsung turun kelapangan melakukan pelayanan kesehatan, "tuturnya

Ia berharap paradigma masyarakat tentang pelayanan kesehatan bisa berubah yang biasanya datang ke puskesmas atau pustu hanya berobat ketika dilanda sakit, sekarang puskesmas bukan lagi tempat berobat tetapi untuk melakukan konsultasi untuk meningkatkan kesehatan keluarga..

Sementara itu di tempat yang sama Kadinkes Provinsi Sumbar Merry Yuliesday mengatakan kegiatan pelatihan tersebut merupakan upaya dari pemerintah bagaimana pelayanan kesehatan meningkat terutama di daerah hilir, sehingga masyarakat benar-benar mendapatkan pelayan kesehatan yang lebih baik.

"Misi kami adalah untuk mendekatkan pelayanan, supaya masyarakat tau bahwa ada pemerintah, tidak hanya Provinsi tetapi ada pemerintah daerah kabupaten juga, sekaligus kita mengkampanyekan kesehatan di tengah-tengah Masyarakat," ucapnya

Ia berharap pelatihan kerja lapangan tersebut dapat membantu petugas kesehatan di Mentawai untuk meningkatkan pelayan kesehatan, terutama tatalaksana kasus kegawatdaruratan."Tujuan kita pada pelatihan ini untuk mentransfer ilmu, misalnya mengetahui seperti apa katarak mata, karena kita membawa satu orang dokter spesialis mata dan empat dokter spesialis dasar," pungkasnya. (red)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK