Selasa, 19 Februari 2019

Di Mentawai, 33 Orang Lolos verifikasi, dan akan ikuti seleksi P3K 23 Februari 2019 mendatang

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Dari 35 orang yang mendaftarkan diri secara online hanya 33 orang yang dinyatakan lulus verifikasi dan memenuhi syarat untuk mengikuti ujian seleksi perekrutan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap pertama di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kepegawaian  dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mentawai Oreste Sakeru, Pada Selasa (18/02) "Hari ini, kita akan mengumumkan hasil verifikasi, dimana pendaftaran terakhir jatuh pada  tanggal 17 februari 2019, nah dari 35 yang mendaftar hanya 33 orang yang lolos verifikasi," tuturnya..

Ia menyebutkan perekrutan P3K pada tahap pertama ini, hanya khusus K2 Tenaga Guru, Kesehatan dan Penyuluh Pertanian yang sudah masuk dalam database secara Nasional dan tingkat pendidikan sudah S1, sudah pernah mengikuti seleksi CPNS pada tahun 2013 lalu.

" Dalam database kita di Kabupaten Kepulauan Mentawai, itu ada 205 orang, tetapi karena ini khusus guru, tenaga kesehatan dan Penyuluh Pertanian. Di tempat kita yang kita rekrut pada tahap pertama ini adalah tenaga guru, kenapa..?, Karena di dalam database kita tidak ada lagi tenaga kesehatan yang masuk K2, karena sudah diangkat oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2017, lalu Penyuluh Pertanian di database nasional kita tidak punya, yang ada adalah kontrakan Pemda, jadi tidak ada mereka dalam database yang masuk K2, untuk itu kita hanya merekrut tenaga guru, " paparnya.

Ia menyebutkan sistem pelaksanaan ujian untuk perekrutan P3K tahap pertama ini, menggunakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dimana, nanti line sektornya adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Mentawai

" Jadi pada rakor Kabupaten/kota Se-Sumbar muncul usulan untuk pelaksanaan ujian, bagi yang punya fasilitas Computer Assisted Test (CAT), sedianya memakai fasilitasnya, tetapi, karena ini ada kebijakan nasional memakai UNBK yang dimiliki oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), maka ujian perekrutan P3K tahun ini, pada tahap pertama kita memakai UNBK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sementara untuk kita di Mentawai kita menggunakan fasilitas UNBK milik SMA Negeri 2 Sipora, " bebernya.

Ia menyebutkan terkait dengan nilai ambang batas kelulusan seleksi P3K sendiri, pihaknya belum mengetahuinya, karena Kementrian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum menyampaikan hal tersebut. "Sampai hari ini kita belum mengetahui Berapa nilai kelulusan pada perekrutan P3K yang akan ditetapkan oleh Kemenpan RB mengikuti seleksi ini Namun yang pasti ambang batas nilai kelulusan itu pasti ada," timpalnya..

Sementara itu, sesuai dengan informasi kata Oreste setelah tahap pertama ini, akan ada tahap kedua untuk perekrutan P3K, khusus K2 untuk formasi teknis dan umum, Rencananya akan dilaksanakan setelah Pemilu pada April 2019 mendatang,"Itu informasi yang kita dapatkan melalui Rakor di Provinsi, Tetapi bagaimana persisnya tentu kita menunggu informasi selanjutnya dari Kemenpan RB maupun BKN," imbuhnya.

Ia menyebut perbedaan PNS dengan P3K adalah yang pertama P3K tidak memiliki pensiun, setiap tahun kontrak kerjanya P3K akan diperpanjang sesuai dengan kinerjanya,"kalau tidak ya langsung kita putus saat itu juga, PNS juga sebetulnya sama kalau soal kinerja dan pelanggaran disiplin yang tidak bagus ada sanksi," sebutnya.

"Kita juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang telah lulus verifikasi untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian yang nanti dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Februari 2019, di SMA 2 Sipora Utara dan pelaksanaannya Lini sektornya itu adalah Dinas Pendidikan Kabupaten, karena Dinas Pendidikan Provinsi, sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten, "pungkasnya. (Red)

0 komentar:

Posting Komentar

PEMBANGUNAN
KESEHATAN
PERISTIWA
Photobucket
Diberdayakan oleh Blogger.
JURNALISTIK
SOSOK
Photobucket
LPPL Radio Sasaraina Pemkab Mentawai
Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kab.Kep.Mentawai
tel.:0759 320006/fax.:0759 320223
HP. 082390747044