Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Sabtu, 23 Februari 2019

Kadis Perhubungan Mentawai Edi Sukarni
SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT — Melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Transportasi 2019 , Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai kembali melakukan pengadaan dan pembangunan untuk memperlancar akses transportasi di daerah itu.

"Ada 4 kegiatan kita dalam tahun ini dari DAK dengan pagu dana Rp, 6,475 Miliar. Sebagian sudah selesai dokumennya, sebagian lagi masih dalam proses perencanaan, " ujar Edi Sukarni Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Mentawai sabtu (23/02/2019).

DAK tersebut diantaranya digunakan untuk penyediaan moda transportasi darat angkutan perdesaan sebanyak 5 unit mobil Pick UP dengan total dana Rp, 1,125 Miliar untuk desa Maileppet kecamatan Siberut selatan, desa Tuapejat dan desa Sidomakmur kecamatan Sipora Utara, desa Sikabaluan Kecamatan Siberut utara, dan dusun Rokot desa Matobe kecamatan Sipora Selatan.

"Pemanfaatan angkutan perdesaan ini tergantung pihak desa menggunakannya untuk transportasi anak-anak sekolah atau memobilisasi hasil bumi dari desa-desa. Khusus untuk kegiatan angkutan perdesaan ini, kita minta dikawal oleh Tim pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) untuk mengantisipasi adanya persoalan, " imbuh Edi.

Selain itu, penyediaan moda transportasi air 2 unit berupa Kapal fiber glass sebesar
Rp, 700 juta untuk desa Sinaka' kecamatan Pagai Selatan, dan dusun Bose, Desa Sikabaluan Kecamatan Siberut utara.

Kemudian untuk pembangunan
tambatan perahu sebabyak 4 paket dengan total dana Rp 1,230 Miliar di Dusun Simalibbeg, Desa Simatalu, Kecamatan Siberut barat, desa Tuapejat Sipora Utara, desa Sioban Sipora Selatan, dan desa Makalo kecamatan Pagai Selatan.

Terakhir, pembangunan jalan non status sepanjang 3 Km dengan dana Rp, 3 Miliar lebih di Desa Silabu Kecamatan Pagai Utara. Dana selebihnya digunakan sebagai anggaran penunjang sebesar Rp,323,750 Juta.(KS)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK