Iklan

Ketua KPU:Berita Hoax Lemahkan Partisipasi Pemilih

Senin, 21 Januari 2019, Januari 21, 2019 WIB Last Updated 2019-01-21T07:44:12Z

Sasarainafm. Com, _Tuapejat- Maraknya isu hoax /statement di tengah-tengah masyarakat terkait penyelenggaraan pemilu dapat

melemahkan angka partisipasi ataupun kepercayaan pemilih, untuk itu perlu menumbuhkan kesadaran positif masyarakat terkait pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
"Program relawan demokrasi muncul untuk menjawab keraguan masyarakat bahwa KPU serius dalam proses pelaksanaan pemilu dengan target 77,5% pada pemilu serentak 2019," tutur Eki Butman Ketua KPU Kepulauan Mentawai usai membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Relawan Demokrasi (Relasi)  Pemilu Tahun 2019 di aula hotel Jelita, desa Tuapejat Kecamatan Sipora Utara, Mentawai Sumbar, senin (21/01/2019).

Ia mengatakan tujuan program relawan demokrasi ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih, kualitas pemilu, serta pemahaman informasi demokrasi terhadap masyarakat.
Eki berharap dengan hadirnya relawan Demokrasi ini, bisa menjadi Pioneer, perpanjangan tangan, ataupun mitra KPU dalam menyampaikan visi misi pemilu..

"Ada 10 basis relawan demokrasi dari 10 kecamatan yang ada di Mentawai. Sebenarnya, relawan demokrasi terpusat di kabupaten, namun karena kondisi geografis Mentawai, di setiap kecamatan ada 5 orang relasi, khusus kecamatan Sipora Utara ada 10 orang. Sehingga total 55 orang, " terang Eki Butman.

Adapun basis pemilih yang menjadi sasaran kerja relasi diantaranya, basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, pemilih penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, pemilih marginal, komunitas, keagamaan, warga internet (netizen).

Selanjutnya Eki menerangkan bahwa tupoksi relawan dwmokrasi yakni menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat berdasarkan basis pemilih, sosialisasi informasi pemilu, maupun pendidikan politik agar  masyarakat paham pentingnya demokrasi pemilu dan mau datang ke TPS untuk menyalurkan aspirasi politiknya.

Turut hadir dalam acara tersebut komisioner dan anggota KPU, Bawaslu, Kesbangpol, Polres, relawan demokrasi Mentawai. (KS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Ketua KPU:Berita Hoax Lemahkan Partisipasi Pemilih

Terkini

iklan2

Iklan