Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Rabu, 09 Januari 2019


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT_ Selama tahapan pelaksanaan kampanye peserta pemilu yang sudah dimulai sejak 23 September 2018 lalu hingga saat ini, pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kepulauan Mentawai belum menerima laporan adanya pelanggaran fatal pelaksanaan kampanye yang dilakukan peserta pemilu 2019.
Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Kepulauan Mentawai Perius saat dimintai keterangan di ruang kerjanya Rabu, (9/1/2019).
"Sampai saat ini belum ada pelanggaran   fatal yang dilakukan peserta pemilu, ada memang ada pelanggaran yang dilakukan, tapi itu hanya kesalahan peletakan APK saja dan itu sudah kita atasi" ujarnya..
Lebih lanjut ia menuturkan, meski belum menemui pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu saat  kampanye, pihaknya juga memang pernah menerima laporan   terkait pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu.
Namun setelah dilakukan penelusuran ternyata laporan tersebut tidak benar adanya.
"iya, memang kami juga pernah terima penelpon gelap yang menyatakan bahwa ada pelanggaran yang dilakukan caleg.  Setelah kami lakukan penelusuran, ternyata informasi itu tidak benar. Pemberi laporan melalui handphone pun identitasnya tidak jelas,  kami anggap itu pemberi laporan gelap dan tidak bertanggung jawab " tuturnya..
Perius menuturkan, sejak tahapan kampanye yang sudah dimulai 23 September 2018 hingga berakhir 13 April  2019,  Bawaslu  bersama stakeholder seperti Pemkab Mentawai, Kepolisian, Kecamatan, Desa dan PPK terus melakukan pengawasan terhadap peserta pemilu.
Sementara menyinggung pemasangan iklan melalui media cetak, media elektronik maupun media jaringan atau online boleh dilakukan peserta pemilu mulai tanggal 24 Maret sampai 13 April 2019.
Ia juga mengajak  masyarakat agar ikut ambil andil melakukan pengawasan dan berani memberikan laporan dengan menunjukkan bukti pelanggaran yang dilakukan peserta pemilu.
Ia juga berharap peserta pemilu tidak melakukan kampanye terselubung seperti menjanjikan barang atau sejenis money politik lainnya.
Selain itu, Perius juga  bangga dan mengapresiasi peserta pemilu yang mau bekerja sama mentaati aturan saat melakukan kampanye. (Nbl)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK