Update Real Count Pilpres 219

Photobucket
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Pasangan Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019. Dengan jumlah suara sah 85.607.362 suara. Sedangkan jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). KPU menyebut jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di 21 provinsi, yang terdiri atas Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya pasangan nomor urut 01 itu menang di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah. Kemudian Jokowi-Ma'ruf unggul di Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.  Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Kamis, 20 Desember 2018

Ketua KPU Sumbar Resmikan Penggunaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di Tuapejat

SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat diwakili Divisi Data dan Informasi Koordinator Wilayah (Korwil) Mentawai Nova Indra meresmikan penggunaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pada Kamis (20/12) di KPU Mentawai.

Nova menyebutkan RPP tersebut merupakan program KPU sejak Tahun 2014 untuk mengedukasi masyarakat tentang seputar kepemiluan misalnya pendidikan bagi pemilih, Partai Politik, termasuk sosialisasi tahapan pemilu..

"Disamping sosialisasi kepemiluan, RPP ini juga bisa dimanfaatkan oleh Siwa-siswi Sekolah Dasar untuk lebih mengenal sistem Demokrasi dan kepemiluan itu sendiri, kemudian mahasiswa juga bisa mendapat referensi untuk bahan penelitian," tuturnya.

Ia menyebutkan KPU Provinsi Sumbar menargetkan seluruh KPU di 19 Kabupaten /Kota yang ada di Sumbar Tahun 2018 ini sudah memiliki RPP,"Kita melanjutkan program KPU dimana tahun 2018 KPU Sumbar menargetkan semua RPP sudah ada di seluruh KPU tingkat Kabupaten /kota, setelah itu langsung di launching," katanya..

Sementara itu Ketua KPU Mentawai Eki Butman di tempat yang sama mengatakan kepada wartawan pihaknya  akan membuka pelayan bagi masyarakat yang ingin mencari informasi atau referensi seputar Kepemiluan.

"Ini baru awal, setelah itu secara bertahap akan kita tingkatkan, sementara kita belum memiliki perpustakaan, kita memanfaatkan ruangan yang ada di Kantor KPU, karena kita keterbatasan anggaran, kedepan akan kita benahi lagi," ungkapnya.

Hadir dalam acara peresmian RPP KPU Mentawai tersebut, Ketua dan Jajaran Komisioner KPU Mentawai, Perwakilan dari unsur Forkopimda dan tamu lainnya. (rd)

0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Radio Visual

SIARAN SUARA NUSANTARA LPPL RADIO INDONESIA