Update Real Count Pilpres 219

Photobucket
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan Pasangan Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin menjadi pemenang Pilpres 2019. Dengan jumlah suara sah 85.607.362 suara. Sedangkan jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 Hasil pilpres itu ditetapkan dalam keputusan nomor 987. Hasil rekapitulasi KPU secara nasional ini terdiri atas perolehan suara di 34 provinsi dan 130 panitia pemilihan luar negeri (PPLN). KPU menyebut jumlah suara sah nasional 154.257.601. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin 85.607.362 atau 55,50 persen dari total suara sah nasional. Jumlah suara sah pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 68.650.239 suara atau 44,50 persen dari total suara sah nasional. Pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul di 21 provinsi, yang terdiri atas Gorontalo, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Bangka Belitung, Bali, Sulawesi Barat, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Lampung. Selanjutnya pasangan nomor urut 01 itu menang di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah. Kemudian Jokowi-Ma'ruf unggul di Jawa Timur, NTT, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Papua Barat, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Maluku, dan Papua.  Sementara itu, 13 provinsi lainnya dikuasai pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. 

Minggu, 25 November 2018


SASARAINAFM.COM, TUAPEJAT_ Ketua TP PKK Kepulauan Mentawai Rosmaida Yudas mengajak kelompok dasawisma agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan menanam berbagai tanaman bumbu dapur dan sayur.

Hal itu dikatakannya pada kegiatan Sosialisasi Gemarikan dan Pelatihan pengolahan serba ikan di Aula Kantor Desa Tuapeijat Sabtu, (24/11/2018).

"ibu-ibu harus bisa menghemat belanja yang diberikan suami. Jadi caranya manfaatkan lahan pekarangan rumah seperti menanam cabai, jahe, tomat dan sejumlah tanaman buah dan sayur, jadi tidak perlu lagi harus mengeluarkan uang untuk belanja sayur dan bumbu dapur" katanya..

Ia mengatakan apabila setiap ibu rumah tangga dan kelompok dasawisma bisa mengarahkan serta menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah, maka kebutuhan buah dan sayur bisa terpenuhi.

Selain itu, berbagai macam buah dan sayur yang ditanam juga dapat mendukung sektor pertanian dan perekonomian masyarakat apabila berhasil mengembangkannya.

Oleh Karena itu ia menegaskan agar kelompok Dasawisma harus aktif dimana dasawisma yang terdiri dari 10 sampai 20 rumah membentuk sebuah kelompok usaha bersama.

Lebih lanjut ia menuturkan dasawisma merupakan salah satu ujung tombak keberhasilan pembangunan daerah di berbagai sektor. (Nbl)


0 komentar:

Posting Komentar

Photobucket

Radio Visual

SIARAN SUARA NUSANTARA LPPL RADIO INDONESIA