Lintas Berita Asosiasi LPPL Sumbar

Senin, 12 November 2018


SASARAINAFM.COM.TUAPEJAT_ Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI) serahkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) secara sibolis ke pada Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabagalet, pada Senin (12/11/2018) di Kantor Sekretariat Daerah (setda) Km 5, Kecamatan Sipora Utara yang disaksikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Mentawai Novriadi serta Kepala OPD lainnya.

Alsintan tersebut diserahkan Kementan melalui Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Hermanto, kepada Bupati, kemudian Bupati Mentawai langsung menyerahkan bantuan tersebut kepada kelompok Petani yang mewakili seluruh Kepulauan Mentawai dari Desa Tuapeijat dan Goiso Oinan..

Yudas mengatakan bahwa bantuan Alsintan tersebut dapat digunakan oleh Petani dari kelompok yang mendapatkan bantuan tersebut diseluruh Mentawai. “Saya mohon kepada Kepala Pertanian untuk memanfaatkan alat pertanian ini, dikelolah dengan baik. Dari manapun bantuannya yang penting masyarakat Mentawai yang menerima tidak jadi persoalan,” kata Yudas.

Tak hanya itu, ia juga mengucap terima kasih kepada pihak Kementan maupun DPR RI sudah memeberikan bantuan Alsintan untuk Mentawai, dimana bantuan Alsintan banyak dibantu dari pihak pusat, ia berharap kedepan ada lagi bantuan dari Kementan atau dari aspirasi lainnya untuk mengmebangkan pertanian masyarakat Mentawai.

Sementara Anggota Komisi IV DPR RI Bidang Pertanian, Kehutanan dan Kelautan, Hermanto menyampaikan jika nanti ada yang janggal mengenai bantuan Alsintan bisa menyampaikan aspirasinya langsung kepada pihaknya.

“Program ini adalah untuk mencapai upaya – upaya Pemerintah dalam meningkatkan Swasembada Pangan, jadi ada tiga yang menjadi perhatian yaitu padi, jagung dan kedelei, maka dari target itulah kami dari DPR bekerja sama dengan pemerintah menetapkan program – program yang menunjang kearah sana (pertanian),” ungkap Hermanto Anggota Komisi IV DPR RI..

Sebanyak 172 unit Alsintan yang diserahkan terbagai 5 item diantaranya, Hand traktor 34 unit, pompa air 29 unit, hand spayer 78 unit, rice transplanter 5 unit, alat tanam jagung 26 unit.

Tak hanya itu, Kementan juga memberikan bantuan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) 2 unit untuk kelompok wanita tani senilai Rp.100 juta di Dusun Mapaddegat, dan Desa Sidomakmur masing – masing Rp.50 juta.

Kemudian pengembangan Jagung 1.377 Ha di Kecamatan Pagai Utara, Sikakap dan Pagai Selatan untuk 76 kelompok tani. Pengembangan padi gogo seluas 531 ha di Kecamatan Pagai Selatan, Sikakap, Pagai Utara, Sipora Selatan, Sipora Utara dan Siberut Tengah untuk 17 kelompok tani. (suntoro)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK