Rabu, 15 Agustus 2018

Foto Istimewah

MENTAWAI, SASARAINANEWS_ Sedikitnya 219 berkas pengajuan Masyarakat Mentawai untuk mengusulkan permohonan mendapatkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) secara gratis, Mengendap di Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DSP2PA) Mentawai.

"Pengajuan permohonan ini diantarkan langsung oleh masyarakat pemohon, 219 usulan ini, belum bisa kita proses, sebab kuota sudah dikunci, secara bertahap nanti berkasnya diproses, " Ungkap Adun kepada wartawan salah satu petugas verifikasi data penerimaan kartu Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan di DSP2PA, pada Kamis (16/08).

Ia menyebutkan permohonan tersebut akan diproses, jika ada masyarakat pengguna BPJS gratis  mengundurkan diri secara resmi dari kepesertaan, dengan alasan tertentu.

"Misalnya ada masyarakat yang pindah kota, menjadi PNS atau anak PNS, Menjadi Tenaga Kontrak di Pemerintahan, lolos TNI dan merasa telah mampu membayar premi BPJS sendiri, itu nanti langsung kita gantikan dengan masyarakat yamg sudah memasukkan berkas pengusulannya," paparnya.

Ia menyebutkan sejauh ini surat pengunduran diri dari kepesertaan BPJS kesehatan gratis telah tervervikasi sebanyak 141 orang dengan berbagai alasan tadi. "Peserta yang mengudurkan diri sudah langsung kita gantikan dengan masyarakat yang telah memasukkan berkas,” tututrnya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Mentawai dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan penambahan kuota sebanya 2100 kartu BPJS Tahun 2018 ini.

Dimana katanya tahun sebelumnya kuota penerima BPJS berjumlah sebanyak 34.191 dan tahun ini pemerintah Mentawai melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) menambah 1400 untuk premi BPJS. Sedangkan Pemerintah Provinsi menambahkan 1000 Premi BPJS untuk Mentawai, sehingga semuanya berjumlah 36.591 Premi BPJS. 

"Melalui Kerjasama Provinsi dan Kabupaten Mentawai yang dinamakan Sumbar Sakato menambah kuota penerima BPJS untuk Mentawai dan Pendistribusiannya melalui Dinas Kesehatan, " timpalnya

Kendati demikian masih banyak masyarakat Mentawai yang kurang mampu belum mendapatkan kartu BPJS gratis dan berkasnya telah masuk di Kantor DSP2PA Mentawai. (red)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

LINTAS BERITA ASOSIASI LPPL SUMBAR

PERISTIWA

PEMBANGUNAN

KESEHATAN

SOSOK