Iklan

Gapura Gang Sukun Bukti Semangat Kemerdekaan RI Masih Ada

Kamis, 23 Agustus 2018, Agustus 23, 2018 WIB Last Updated 2018-09-17T12:01:30Z





MENTAWAI, SASARAINANEWS_ Berkat semangat dan kerja sama warga, Gapura Gang Sukun, Dusun Tunas Jaya, Desa Sipora Jaya, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai berdiri menghiasi warna hari Kemerdekaan RI Ke 73 Tahun.

Hal itu merupakan bukti bahwa semangat perjuangan dan jiwa gotong-royong masih tertanam di dalam jiwa masyarakat Indonesia, khususnya di lingkungan wilayah setempat.

Poltak PM Saragi salah satu warga yang berperan aktif dalam pembangunan gapura yang mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Sipora Jaya itu, mengatakan dana pembangunan gapura dan pemasangan atribut HUT RI Ke 73 Tahun itu murni partisipasi dari warga gang Sukun.

Ia menyebutkan pembangunan gapura yang menyedot biaya Rp 14,5 Juta itu dalam rangka merayakan HUT RI Ke 73 Tahun, selain itu tujuannya untuk memicu dan memotivasi masyarakat untuk menata keindahan dan kebersihan lingkungan.

"Pengggalangan dana awal murni partisipasi warga, seiring berjalannya pembangunan kami mengalami kekurangan anggaran, kembali warga menyumbangkan dananya, alhamdulillah dana terkumpul ditambah uluran tangan dari pihak Desa Rp 2 juta, akhirnya gapura itu selesai dengan hasil memuaskan, " papar Poltak.

Keberhasilan pembangunan gapura itu kata Poltak tidak lepas dari perannya ibu-ibu Dasawisma Melati Lima yang memiliki semangat yang tak kalah hebatnya, mereka bersama warga duduk bersama menyamakan persepsi rencana pembangunan gapura tersebut.

Ia berharap dengan dibangunnya gapura tersebut, semakin mempererat hubungan antar warga setempat dan memicu masyarakat lain untuk melakukan hal serupa dalam rangka memberikan keindahan lingkungannya.

"Bukan menyombongkan diri, kalau kami menilai gapura di gang sukun ini belum ada tandingannya di Mentawai, harapan kita ada gang-gang lain yang menyusul membangun gapura yang mungkin lebih megah lagi, " Pungkasnya.

Nasir (55) Warga yang dituakan di gang tersebut merasa bangga atas kekompakan dan semangat warga yang mampu membangun gapura tersebut, " Ini merupakan kebanggaan kita bahwa masih ada kekompakan warga, saya sendiri ikut berpartisipasi dalam hal ini, kedepan jiwa gotong-royong harus dipertahankan," Ungkapnya, saat ditemui di rumahnya baru-baru ini. (Red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gapura Gang Sukun Bukti Semangat Kemerdekaan RI Masih Ada

Terkini

iklan2

Iklan