Headline News :
Studio/Office : Jl.Raya Tuapejat KM.2 Sipora Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai-Sumatera Barat Telp/Faks.0759 320099 HP.085355441044 = Website : www.sasarainafm.com = Facebook : www.facebook.com/Radiosasaraina = Twitter : @radiosasaraina = Yahoo Messenger :sasarainafm@ymail.com = Skype:radio.sasaraina

Minggu, 20 November 2011

Jenis Siaran Radio


SIARAN MUSIK
Adalah siaran station yang secara amyoritas berupa pemutaran lagu – lagu (sesuai dengan format musik yang sudah ditetapkan oleh manajemen.

SIARAN KATA
Adalah siaran station yang semata berupa kata – kata. Tidak ada pemutaran lagu sama sekali. Siaran etsebut biasanya berupa lews, talk show dll. 

SIARAN MUSIK DAN KATA
Adalah siaran station yang menggabungkan siaran musik dengan siaran kata. Terjadi pembagian waktu diantara kedua jenis siaran tersebut.


FORMAT RADIO
1. MUSIK BASE FORMAT
- ADULT CONEMPORARY (AC)
Format musik ac menampilkan lagu – lagu hits ( dalam kurung waktu 2 tahun terakhir) station jenis ini bersifat “hits player”.

- CONTEMPORARY HITS RADIO (CHR).
Format musik ini menampilkan lagu – lagu terbaru dalam sejarah, munculnya format radio tersebut menampilkan lagu top 40, kemudian sekitar tahun 40-an sampai 50-an, terjadi pergeseran diamana lagu yang duputar adalah lagu dari artis penyanyi kulit putih (radios ouner)

- URBAN CONTEMPORARY
Jenis format musik ini banyak digemari dan menguasai pangsa pasar yang luas, terutama di antara masyarakat pendengar kulit berwarna.

- ALBUM ORIENTED ROCK
Satation yang memilih format ini, memiliki audience pria remaja dan dewasa.

- EASY LISTENING
- MIDDLE OF THE ROAD
- VINTAGE
- CLASSICAL
- COUNTRY
- DANGDUT / MUSIK INDONESIA

2. TALK BASE FORMAT
- ETHNIC

station dengan format siaran kata pengantar lebih kearah bahasa daerah atau bahasa etnis tertentu.
- RELIGIOUS

Pugram acara mayoritas tentang agama, baik talk show maupun news dan targeta audiencenya ditujukan pada sekelompok audience yang memeluk agama tertentu.


- NEWS & TALK

Materi kata yang disiarkan lebih banyak tentang news dan talkshow, baik tentang ekonomi, politik, social, budaya maupunkesehatan serta olahraga.

- PUBLIK ; RRI

- GENDER

Adalah radio dimana target audiencenya berdasarkan gender.

- COMMUNITY

Station dimana target audience nya hanya sekelompok kecil komunitas tertentu, biasanya materi siarannya lebuh focus hanya untuk kepentingan komunitas dll.

- HUMOR
Station yang materi siarannya hanya humor semata, walaupun tetap ada informasi penting bagi audience tetapi tetap penyampaian nya dalam bentuk humor.


SCHEDULING PROGRAM
- HARIAN
- MINGGUAN
- BULANAN
- OCCASSIONAL
- PENYIAR

DAY PART
06.00 – 10.00 MORNING DRIVE : Lebih dikenal dengan istilah “drive time”
karena listeners dalam perjalanan untuk melaksanakan aktivitasnya . baik sekolah maupun bekerja.

10.00 – 15.00 MID DAYS
15.00 – 19.00 AFTERNOON DRIVE
19.00 – 24.00 EVENINGS
00.00 – 06.00 OVERNIGHTS



RADIO REVENUE
Ada 3 sumber utama penghasilan secara komersial dari suatu station broadcast yaitu:

1. advertising revenue
penghasialn terbesar dari station didasarkan pada “advertising sales” yaitu penjualan dari spot iklan kepada advertisers.

a. network advertising
penjualan dari airtime/iklan oleh jaringan broadcast untuk produk – produk barskala nasional.

b. national spot sales
penjualan airtime / iklan oleh masing – masing station untuk prduk – produk nasional maupu local.

c. local spot sales
untuk produk – produk local.

2. network compensation
pembayaran yang diberikan oleh jaringan nasional broadcast kepada afiliasinya dimana sebuah station tergabung, untuk menyiarkan secara gabungan suatu acara.

3. barter / trade
manajemen station tetap harus mambuat laporan, dalam bentuk “financial report”. Biasanya terjadi pertukaran antara commercial airtime (spot iklan) dengan beberapa jenis produk, missal : kendaraan/mobil.

RADIO EXPENSES

Hal terpenting dari penghasilan komersial airtime suatu broadcast berasal dari network advertising, penjualan spot iklan secara nasional serta penjualan commercial; airtime/ spot iklan secara local. Seluruh penghasilan tersebut digunakan untik bermacam – macam pengeluaran, antara lain :

TECHNICAL EXPENSES
Terdiri dari : alat transmitter, station equipment (mixer, computer, micropones, headphones dll), spare part dan material pengganti, gaji / salary tekhnisi dan pembayaran kepada pihak – pihak yang terkait.

PROGRAM EXPENSES
Terdiri dari : biaya pembelian CD (KOSONG), cassette, reel tape, biaya sidikasi program, gaji announcer, newscaster, narasumber, gaji redaksi dan karyawan administrasi program, pembayaran hak cipta, dll.


SALES EXPENSES
Terdiri dari : komisi dan atau diskon kepada para pemasang iklan, pembayaran kepada sales representative, pembagian income kepada radio jaringan, biaya training dan pengembangan para sales, dll.

GENERAL DAN ADMINISTRATIVE EXPENSES.
Terdiri dari : sewa / beli gedung dan tanah, gaji karyawan keuangan, sekertaris dan karyawan administrasi, personalia serta petugas keamanan dan office boy, perizinan dan pajak siaran, dll. 

Pembangunan

Berita Pembangunan lain »

Pendidikan

Berita Pendidikan lain »